Cara Mudah Menggunakan VPN di Android

Layanan VPN terkenal sebagai sarana untuk bisa membuka situs web yang diblokir. Layanan ini bisa berfungsi baik di komputer maupun di handphone. Nah, untuk yang belum mengetahuinya, kami akan berbagi cara mudah menggunakan VPN di Android.

Mungkin kamu juga belum paham betul apa itu VPN. Yah, membahas hal itu bisa cukup panjang. Untungnya, kami pernah membahasnya. Silakan baca artikel “Apa itu VPN” dan “Pertimbangan Dalam Memilih Layanan VPN” dari kami.

Sekarang ini, memakai VPN di ponsel Android sudah sangat mudah dilakukan. Kamu tidak perlu mengatur banyak setelan jaringan internet.

Ya, karena layanan VPN biasanya sudah punya aplikasi tersendiri. Tiap aplikasi mungkin punya tampilan yang berbeda. Namun, pada dasarnya pemakaian aplikasi hampir sama saja.

Di sini, kami memberi contoh dengan layanan dan aplikasi ProtonVPN. Layanan ini dioperasikan oleh perusahaan asal Swiss Proton Technologies AG. Pada tahun 2018 ProtonVPN sempat bekerja sama dengan Mozilla untuk layanan berlangganan di browser Firefox.

ProtonVPN menyediakan layanan VPN gratis dan komersial. Versi gratis hanya menyediakan server dari 3 negara, hanya bisa dipakai di 1 perangkat, dan kecepatan koneksinya medium.

Sebelum memakai VPN, kita harus mempersiapkan aplikasi terlebih dulu.

Daftar Layanan VPN

  1. Unduh, pasang, dan buka aplikasi ProtonVPN Android.
  2. Buat akun baru
    • Aplikasi akan membuka browser di ponsel untuk menuju halaman pendafaran di situs ProtonVPN.
    • Kamu harus memilih salah satu paket layanan (pilih gratis kalau mau).
    • Masukkan alamat email (Biasanya ada kiriman email verifikasi akun).
    • Lanjutkan sesuai instruksi.
  3. Masuk di aplikasi dengan akun yang tadi dibuat.

Cara Menggunakan VPN di Android

Sebenarnya, memakai VPN di Android dengan aplikasi ini sangat mudah. Karena kamu hanya tinggal menekan tombol koneksi di pojok kanan bawah atau membuka halaman koneksi (tekan bilah bertuliskan ‘Not Connected (Unprotected)‘ di bawah), lalu tekan tombol ‘Quick Connect‘.

menggunakan vpn di android dengan protonvpn
Memakai VPN di Android

Setelah itu aplikasi akan mencari server yang tersedia. Setelah koneksi tersambung, kamu sudah memakainya dan bisa menelusuri internet dengan bebas.

Sekedar informasi tambahan, kalau kamu menekan lama tombol koneksi di pojok bawah, nanti akan keluar pilihan ‘Random‘ dan ‘Fastest‘. Yang pertama akan memilih server secara acak, dan yang kedua akan memilih server yang tercepat.

Kalau kamu sudah sukses terhubung, kamu bisa melihat ikon ProtonVPN dan ikon kunci di status bar Android di bagian atas. Tandanya, kamu sedang menggunakan VPN.

Nah, sudah. Itu saja. Mudah bukan? Kalau kamu sudah tidak ingin memakainya, tinggal tekan lagi tombol koneksi tadi. Maka koneksi VPN akan terputus.

Oya, kamu juga bisa meletakkan ikon koneksi di Quick Setting Android supaya bisa mengaktifkannya dengan lebih mudah.

Selamat mencoba.