vpn

Apa Itu VPN Dan Bagaimana Cara Kerja Serta Fungsinya

Mungkin kamu sering mendengar istilah VPN. Terutama ketika bertanya seputar membuka website yang diblok. Tapi apa itu VPN?

Pengertian VPN

Kalau kamu bertanya apa itu VPN, jawaban paling sederhana adalah VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network.

Nah, cara paling gampang untuk membayangkan VPN adalah sebagai sebuah jalur khusus yang aman antara dua tempat di internet. Seperti terowongan rahasia di bawah tanah yang tidak bisa dilihat oleh orang-orang yang lewat di atasnya. Kamu bisa memasang VPN baik di browser, di komputer, di handphone, atau di router.

Cara Kerja VPN

Ketika kamu terhubung ke internet dengan cara biasa, koneksi ini berjalan tidak terenkripsi (tersandi) dari perangkatmu ke berbagai server (website) di internet melalui server provider (ISP) yang kamu gunakan.
Seperti orang biasa yang pergi ke supermarket, ia bisa dicegat di tengah jalan. Bisa dicopet, dijambret, dll.

Ketika kamu menggunakan VPN, koneksi internetmu akan melalui proses enkripsi dari aplikasi VPN di perangkat sebelum koneksi itu terhubung keluar. Setelah itu, koneksi akan melalui server provider, lalu menuju ke server VPN yang kamu pakai (biasanya kamu bisa memilih lokasi server). Dari sana baru didekripsi (dibuka sandinya) dan diantar ke server tujuan.

Jadi server provider tidak tahu apa yang ada di koneksi tersebut. Sedangkan server tujuan di internet mengenalinya berasal dari server VPN yang kamu pakai, bukan dari perangkatmu.

Manfaat VPN

VPN memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bentuk.

Akses Jarak Jauh

VPN awalnya dipakai oleh perusahaan besar untuk menghubungkan kantor-kantornya di berbagai tempat, termasuk pegawai yang sedang bertugas di luar kantor. Dengan begitu, mereka tetap bisa mengakses data dan melakukan pekerjaan dengan aman dari mana saja.

Keamanan dan Privasi Online

Cara VPN bekerja membuat keamanan dan privasi lebih terjamin saat terhubung ke internet.

  • Terenkripsi — Data yang melalui VPN akan disandikan. Berarti tidak bisa terbaca oleh mereka mengintip koneksimu.
  • Alamat IP tersembunyi — Server luar akan membaca koneksi datang dari server VPN bukan dari alamat protokol internet (IP address) perangkatmu.
  • Informasi perangkat tersembunyi — Karena terenkripsi, orang lain juga tidak mudah mengenali perangkat apa yang kamu pakai.
  • Tanpa catatan — Beberapa layanan VPN tidak mencatat kegiatan internet yang kamu lakukan. Sehingga riwayat aktivitasmu tidak terlacak. Namun sekali lagi, tidak semua menawarkan hal ini.
Membuka Situs Yang Diblok

Karena melalui proses enkripsi dan melalui server VPN, kamu bisa melewati pembatasan koneksi internet. Misalnya untuk layanan *streaming* yang tidak tersedia di wilayah tertentu, atau membuka situs yang dianggap berbahaya (misalnya oleh program internet sehat).

Kekurangan VPN

Walau penggunaan VPN ada manfaatnya, namun tetap saja ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan atau menjadi keterbatasan VPN.

Koneksi Bisa Lebih Lambat

Kualitas VPN berbeda untuk tiap penyedia layanan. Tergantung teknologi yang ada dan mereka gunakan, juga lokasi server yang tersedia.

Pada dasarnya, proses enkripsi menyebabkan ada tambahan data di dalam koneksi internet. Semakin besar paket data, semakin lama waktu transfer.

Tidak Blok Cookies

Cookies atau kuki adalah rekam jejak yang dikirim situs web dan tersimpan di perangkat. Kuki dipakai untuk mencatat banyak hal seperti aktivitas penelusuran, otentikasi, dll. Kuki juga dimanfaatkan perusahaan untuk mengoptimalkan target iklan, seperti yang dilakukan oleh Facebook atau Google.

VPN tidak bisa menghalangi pelacakan rekam jejak melalui kuki secara total. Masih ada jenis aktivitas yang terlacak walau mungkin tidak detil.

Tidak Seluruhnya Membuatmu Tidak Dikenal

Karena VPN juga melalui server penyedia layanan, ada kemungkinan muncul kendala di sana. Entah tiba-tiba offline atau kendala teknis lain. Ketika itu, koneksimu menjadi terbuka tanpa peringatan.

Lalu, beberapa layanan VPN juga menyimpan catatan aktivitas internet. Jadi tergantung apakah penyedia layanan itu terpercaya atau tidak. Hal ini juga tergantung kondisi hukum di tempat (negara) server dan penyedia layanan berada.

Tidak Melindungi dari Malware

VPN bukanlah layanan anti-virus atau anti-malware. Yah, terutama karena tujuan situs dan tindakan yang kamu ambil merupakan pilihanmu. Kalau kamu tetap ceroboh masuk ke sembarang situs atau mengunduh sembarang berkas dari internet, tetap saja perangkatmu bisa terjangkit malware.

More Stories
Lumia 920 vs Lumia 1020 : Battery Life
%d blogger menyukai ini: