Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

10 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Tiba-tiba Muncul Secara Total

iklan di hp android
Anom Penulis

Iklan yang tampil saat kita menelusuri internet di hp memang bisa mengganggu. Tidak heran jika ada pengguna yang ingin memblokir iklan. Untuk menjawab hal itu, di sini kami membahas beberapa cara menghilangkan iklan di hp Android yang tiba-tiba muncul.

  • Solusi Singkat
    Jika ingin menghapus iklan berbahaya, atur setelan browser Google Chrome dan hapus aplikasi mencurigakan. Kalau ingin memblokir iklan secara total, pakai browser lain dan gunakan aplikasi adblocker.

Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Tiba-tiba Muncul

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di hp Android, tergantung tujuan yang ingin kamu capai. Apakah hanya ingin meningkatkan keamanan dan mengurangi resiko, atau menghentikan semuanya.

Yang terhitung mengurangi iklan beresiko adalah yang kemungkinan merupakan malware, mengalihkan halaman web yang tidak kita inginkan, juga pop-up atau tab browser yang muncul terus menerus.

Di sisi lain, Android juga memberikan ruang kebebasan sehingga kita bisa memanfaatkan setelan atau aplikasi sebagai salah satu cara memblokir iklan di hp.

  • Memblokir iklan mempengaruhi banyak layanan yang tersedia gratis di internet. Jika kamu menganggap aplikasi, layanan, atau website tertentu berguna, silakan beri dukungan (jika menyediakan langganan) atau masukkan dalam whitelist.

1. Atur Setelan Situs di Google Chrome

  • Di browser Google Chrome, tekan tombol titik tiga lalu pilih Settings.
  • Masuk ke bagian Site Settings.
  • Di halaman Site Settings, pilih Pop-ups and Redirects, lalu tekan tuas untuk menonaktifkan.
  • Di halaman Site Setting, pilih Ads, lalu tekan tuas untuk menonaktifkan.

Tindakan ini tidak akan menghapus iklan sepenuhnya, tapi mengurangi resiko gangguan.

2. Stop Notifikasi Dari Website Tertentu

  • Tekan tombol titik tiga  di sebelah kanan kotak alamat.
  • Pilih Settings (Setelan)
  • Masuk ke Notifications (Pemberitahuan)
  • Geser sampai kamu menemukan bagian Sites (situs web).
  • Jika kamu ingin mematikan pemberitahuan aplikasi Chrome, tekan tuas Show notifications.
  • Jika kamu ingin mematikan pemberitahuan dari situs web tertentu, cari situs tersebut dan tekan tanda centang (sehingga tidak ada).
  • Jika kamu ingin menghilangkan titik merah notifikasi, tekan tuas Allow notification dot.
Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Flip 4 JUUN.J Edition: Cocok Buat Black Addict!

Kamu bisa membaca lebih jauh soal ini di tutorial cara mematikan notifikasi Chrome.

3. Aktifkan Play Protect

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Tekan gambar profil.
  • Pilih Play Protect.
  • Tekan ikon gerigi ⚙ di pojok kanan atas.
  • Pastikan semua tuas aktif.
  • Kamu juga bisa tekan tombol scan untuk memeriksa aplikasi.

Tindakan ini memanfaatkan layanan dari Google untuk melindungi kita dari aplikasi yang berbahaya. Tindakan ini juga akan menghapus ijin akses dari aplikasi yang lama tidak kamu pakai.

4. Hapus Aplikasi Mencurigakan

  • Tekan dan tahan tombol Power ponsel.
  • Tekan dan tahan tombol Matikan Perangkat (Power off).
  • Akan muncul menu untuk restart ke Safe Mode.
  • Tekan OK.
  • Setelah masuk ke Safe Mode, hapus aplikasi yang baru-baru ini kamu install, satu persatu.
  • Restart ponsel dan lihat apakah masalah terselesaikan.
  • Ulangi jika belum.
  • Ada baiknya kamu catat aplikasi apa saja yang kamu hapus, sehingga jika memang bukan, aplikasi itu bisa kamu install kembali.

Tindakan ini berguna jika sebelumnya kamu pernah install aplikasi, dan kemudian muncul iklan yang mengganggu.

5. Gunakan Aplikasi Premium

Yah, namanya juga aplikasi premium alias berbayar. Developer aplikasi atau layanan premium mendapat penghasilan dari biaya yang kamu bayar. Bukan dari iklan. Dengan begitu, kecil kemungkinan akan ada iklan di dalam aplikasi.

6. Ganti DNS

Langkah lain yang bisa kamu coba adalah mengganti DNS jaringan. Ini merupakan cara menghapus iklan di hp tanpa aplikasi. Harap perhatikan, setelan DNS bisa berbeda di tiap hp.

Cara Ganti DNS di Android:

  • Buka Settings > Network and Internet > Private DNS.
  • Pilih Private DNS provider hostname dan masukkan dns.adguard-dns.com.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh soal setelan DNS, silakan baca artikel cara setting DNS di Android dari kami.

7. Pasang Extension di Browser

Berbeda dengan desktop, browser Google Chrome di Android tidak mengijinkan kita memasang extension. Oleh sebab itu, silakan ganti browser. Kamu bisa memilih Firefox atau Kiwi browser. Kedua browser itu mendukung adblocker extension.

Setelah kamu pasang salah satunya, kamu bisa cari setelan extension atau add-on di Settings. Kemudian install Ublock Origin dan aktifkan.

Baca Juga:  Game Battlefield Mobile Open Beta Hadir di Indonesia, Begini Spek Minimumnya!

8. Pakai Aplikasi AdGuard

AdGuard merupakan salah satu aplikasi adblocker populer dan juga tersedia di Android. AdGuard akan membuat VPN lokal untuk menyaring iklan. Resikonya, akses online bisa jadi sedikit lebih lambat.

Versi gratis aplikasi hanya menghilangkan iklan di browser. Untuk menghilangkan iklan secara total (termasuk di aplikasi) kamu harus menggunakan versi premium. Silakan cek di situs AdGuard.

9. Pakai Aplikasi Blokada

Aplikasi Blokada juga merupakan salah satu aplikasi adblocker populer dan juga open source. Blokada menyediakan berbagai pilihan filter, termasuk dari DuckDuckGo Tracker Radar, AdAway, Energized, dll. Tiap filter punya kemampuan berbeda.

Aplikasi Blokada tersedia di Play Store. Tapi versi ini kemampuannya cukup terbatas. Untuk yang lebih powerful, silakan unduh secara gratis dari situs resmi Blokada.

10. Pakai Aplikasi DNS66

Aplikasi DNS66 mirip seperti Blokada, juga merupakan proyek open source. Aplikasi ini punya tampilan yang memang jadul. Tapi toh tetap berfungsi.

Untuk bisa memasang aplikasi ini, kamu harus mengunduhnya lewat bursa aplikasi open source, F-Droid. Setelah terpasang, kamu tinggal pilih filter yang sesuai.

Kenapa Iklan Sering Keluar?

Seperti yang kita ketahui bersama, iklan merupakan salah satu cara untuk mendapat penghasilan. Terutama bagi layanan yang tersedia secara gratis. Lalu, tidak semua orang mau dan mampu membayar layanan premium yang bisa cukup mahal.

Iklan juga bisa mendorong ekonomi kreatif. Lihat saja maraknya kreator konten di berbagai media sosial. Mulai dari instagram, TikTok, sampai YouTube.

Sayangnya, ada juga yang mendorong tampilan iklan ini semaksimal mungkin sampai keluar melampaui batas kenyamanan dan bahkan keamanan pengguna. Apalagi jika iklan itu tidak bagus atau termasuk iklan “dewasa.”

Dengan begitu, tidak heran jika ada pengguna yang mencari cara menghapus iklan di hp mereka.

Selektif Menggunakan Aplikasi dan Layanan

Sekarang kamu sudah tahu cara menghilangkan iklan di hp Android yang tiba-tiba muncul. Tapi supaya adil di kedua belah pihak, pilihlah aplikasi, layanan, dan website yang kamu percaya. Dalam hal ini tentunya yang menampilkan iklan dengan wajar.

Jika kamu menerapkan cara memblokir iklan di hp, masukkan aplikasi, layanan, dan website yang kamu percaya itu ke whitelist. Dengan begitu, kamu tetap memberi dukungan finansial pada mereka.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected]