Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Setting DNS di Android, Lengkap Dengan Alamat Link Yang Benar

foto hp android
Foto oleh: Daniel Romero
Anom Penulis

Kemungkinan besar, kamu mampir di artikel ini karena ingin tahu cara setting DNS di Android untuk membuka situs yang diblokir. Benar? Jangan kuatir. Di sini ada penjelasan dan langkah-langkahnya, baik tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi.

Apa itu DNS?

DNS adalah singkatan dari Domain Name System dan merupakan sistem untuk mengidentifikasi komputer, layanan, dan sumber lain yang bisa dijangkau oleh protokol jaringan internet.

Jika kamu memakai DNS bawaan dari provider, ada kemungkinan terdapat sistematika kontrol di sana. Sistem itu membatasi ruang gerak kita dalam menelusuri internet. Dengan kata lain, kamu akan bertemu dengan situs yang diblokir.

Tujuannya sebenarnya baik. Salah satu tujuan blokir ini adalah keamanan dan kenyamanan. Misalnya mencegah anak di bawah umur masuk ke situs untuk orang dewasa atau menjaga agar pengguna tidak membuka situs berbahaya.

Tapi seperti disebut di atas, ada kalanya kita ingin mengakses beberapa situs web yang kadang dianggap rawan.

Sebagai contoh, situs Reddit mendapat blokir dari beberapa provider. Namun walau ada ruang komunitas yang rawan di sana, ada juga yang bisa memberi kita informasi menarik dan berguna. Untuk mengaksesnya kita bisa memakai trik DNS ini.

Jadi, tidak heran jika ada banyak yang ingin tahu cara setting DNS di Android. Tentunya agar mereka bisa lebih leluasa menelusuri internet.

Ada banyak layanan yang menawarkan alamat link DNS. Tapi harap pertimbangkan baik-baik. Karena tidak semuanya aman. Untungnya, ada beberapa penyedia DNS yang sudah dipercaya banyak orang.

1. Google

Google merupakan salah satu penyedia alamat DNS Publik. Alamat DNS Google untuk Android adalah dns.google.

2. Cloudflare

Clouflare merupakan perusahaan penyedia layanan untuk kepentingan internet yang populer. Mereka juga terkenal dengan DNS dan aplikasi VPN-nya.

Alamat DNS Cloudflare untuk Android adalah one.one.one.one atau 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com.

3. CleanBrowsing

CleanBrowsing cukup unik karena memiliki beberapa pilihan berdasarkan penyaringan konten. Ada yang aman buat keluarga, menyaring konten dewasa, dan juga untuk keamanan.

Baca Juga:  Begini Cara Install Aplikasi Android di Windows 11 Tanpa Emulator

Alamat DNS CleanBrowsing untuk Android adalah:

  • Filter keluarga: family-filter-dns.cleanbrowsing.org
  • Filter konten dewasa: adult-filter-dns.cleanbrowsing.org
  • Filter keamanan: security-filter-dns.cleanbrowsing.org

Sekedar informasi, sistem pemakaian alamat DNS berbeda antara komputer dan Android. Sebagai contoh, jika alamat DNS Google untuk Android adalah dns.google, untuk komputer kamu memakai 8.8.8.8 atau 8.8.4.4.

Lalu bagaimana menerapkan alamat tersebut? Perhatikan langkah pertama di bawah.

Cara Setting DNS di Android

Ada beberapa cara untuk mengganti DNS di Android. Baik melalui Setting, melalui browser, atau dengan memakai aplikasi.

1. Melalui Setelan

Harap kamu perhatikan bahwa ada perubahan cara setting DNS sejak Android 9 (juga yang lebih baru). Tutorial yang kami sajikan di sini menggunakan Android 9.

Cara Mengganti DNS melalui Halaman Setting:

  • Buka Setelan (Setting) di hp Android milikmu.
  • Masuk ke Network & Internet.
  • Geser kebawah dan masuk ke Private DNS.
  • Pilih Private DNS provider hostname
  • Masukkan salah satu alamat DNS di atas. MIsalnya 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com.

Mengganti DNS dengan cara ini akan mengubah secara sistem. Sehingga tidak hanya browser saja yang mendapat keuntungan. Pemakaian aplikasi pun akan terpengaruh.

2. Lewat Browser

Tiap browser yang ada di Android biasanya memiliki fitur untuk mengganti DNS. Baik itu Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dll. Di sini kami contohkan dengan Chrome.

Cara mengganti DNS di Google Chrome Android:

  • Di kotak alamat, tekan tombol menu ⋮ dan tekan pilihan ‘⚙ Settings‘.
  • Tekan pilihan ‘Privacy and security‘.
  • Tekan pilihan ‘Use secure DNS‘.
  • Pilih ‘Choose another provider‘ dan tekan tanda panah  untuk melihat pilihan.
  • Pilih salah satu provider DNS.

Seperti yang terlihat. Cara ini hanya terbatas pada browser bersangkutan saja. Tapi kalau kamu memang sering memakai browser tertentu, cara ini bisa kamu pilih.

Lalu karena ini berbasis browser, maka kamu bisa memakainya di ponsel Android apa saja. Mau Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, semua bisa.

3. Dengan Aplikasi

Jika kamu memilih menggunakan aplikasi, ada beberapa yang layak kamu pilih. Tapi salah satu yang paling populer adalah 1.1.1.1 dari Cloudflare.

Baca Juga:  Tipe Aplikasi yang Harus Dihapus di Android

Cara Pakai Aplikasi DNS 1.1.1.1 untuk Android:

  • Download dan install aplikasi 1.1.1.1 di Play Store.
  • Geser atau tekan tuas untuk mengaktifkan fungsi DNS.

Seperti kamu baca sendiri. Caranya gampang banget. Jadi kalau kamu males dengan memasukkan kode atau alamat link DNS di setting atau browser, langkah ini cocok untuk kamu.

Pemakaian DNS alternatif lewat aplikasi ini bisa bekerja menyeluruh. Jadi termasuk ketika kamu pakai browser atau aplikasi.

Lalu, kamu juga bisa memakainya di berbagai merk ponsel Android. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung jika ada perbedaan menu di Setting Android.

Apa Ada Alternatif Selain DNS?

Yah, tergantung tujuanmu mengganti DNS apa. Kalau kamu ingin bisa membuka situs web yang diblokir, alternatif lainnya adalah menggunakan VPN.

Tapi memakai VPN bisa punya permasalahan sendiri. Yang pertama jangan sembarangan memakai layanan VPN. Yang kedua, kalau kamu pakai yang gratisan, biasanya kecepatannya bisa terbatas. Bahkan kuota bandwith pun bisa terbatas.

Toh kalau kamu ingin coba-coba pakai DNS, aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare juga memiliki fitur VPN yang bernama WARP. Jadi dengan satu aplikasi, kamu bisa mencoba pakai DNS atau pakai VPN.

Lalu lihat mana yang kamu butuhkan. Kalau ternyata pakai DNS sudah mencukupi dan VPN terasa lebih lambat, yah… kamu tahu mana yang kamu pilih.

Kesimpulan

Cara setting DNS di Android memang sering membuat orang jengah. Karena mungkin mereka takut dengan istilah teknis, takut koneksi error, atau hal lainnya.

Padahal, caranya sangat mudah. Di Setting tinggal copas, di browser tinggal pilih, dan di aplikasi tinggal tekan. Apalagi masalahnya? Nah, selamat mencoba.


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected]


Sumber:

  • Google Public DNS – https://developers.google.com/speed/public-dns/docs/using
  • Cloudflare DNS – https://1.1.1.1/dns/
  • CleanBrowsing – https://cleanbrowsing.org/guides/android/