ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

3 Cara Setting DNS di Android Terlengkap dan Termudah

foto hp android
Foto oleh: Daniel Romero

Cara setting DNS di Android sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian khusus. Dengan mengubah DNS di Android, tidak hanya bisa meningkatkan kecepatan akses internet, tetapi juga memungkinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir oleh penyedia layanan internet kamu gunakan.

Nah, jika kamu merasa butuh untuk melakukan itu semua, artikel ini akan memandu kamu dengan tiga metode terlengkap dan termudah untuk mengatur DNS di Android, mulai dari penggunaan pengaturan bawaan hingga aplikasi pihak ketiga yang dapat memaksimalkan pengalaman browsing yang lebih seru. Yuk, disimak!

Baca juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Apa itu DNS?

Definisi DNS
sumber gambar: Unsplash/ Christian Wiediger

DNS adalah singkatan dari Domain Name System dan merupakan sistem untuk mengidentifikasi komputer, layanan, dan sumber lain yang bisa dijangkau oleh protokol jaringan internet.

Jika kamu memakai DNS bawaan dari provider, ada kemungkinan terdapat sistematika kontrol di sana. Sistem itu membatasi ruang gerak kita dalam menelusuri internet. Dengan kata lain, kamu mungkin tidak bisa mengakses beberapa situs karena sudah diblokir oleh provider.

Tujuannya sebenarnya baik, salah satunya untuk keamanan dan kenyamanan. Misalnya mencegah anak di bawah umur masuk ke situs untuk orang dewasa atau menjaga agar pengguna tidak membuka situs berbahaya.

Tapi seperti disebut di atas, ada kalanya kita ingin mengakses beberapa situs web yang kadang dianggap rawan.

Sebagai contoh, situs Reddit diblokir oleh beberapa provider. Namun walau ada ruang komunitas yang rawan di sana, ada juga beberapa informasi menarik dan berguna. Untuk mengaksesnya kita bisa memakai trik DNS ini.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Jadi, tidak heran jika ada banyak yang ingin tahu cara setting DNS di Android. Tentunya agar mereka bisa lebih leluasa menelusuri internet.

Ada banyak layanan yang menawarkan alamat link DNS. Tapi harap pertimbangkan baik-baik, karena tidak semuanya aman. Untungnya, ada beberapa penyedia DNS yang sudah dipercaya banyak orang, yaitu:

1. Google

Cara Setting DNS di Android - Google
sumber gambar:  Unsplash/Firmbee.com

Google, sebagai perusahaan teknologi yang sangat populer di dunia, menawarkan berbagai layanan dan produk, termasuk DNS publik yang populer. Google Public DNS menyediakan alamat DNS yang dapat diandalkan dan bisa diakses dengan cepat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan browsing internet pengguna.

Dengan menggunakan DNS Google, kamu dapat mengalami peningkatan kecepatan dalam memuat halaman web karena sistem mereka menggunakan server yang tersebar di seluruh dunia, sehingga dapat mengurangi waktu respon.

Selain itu, Google Public DNS juga menekankan pada keamanan dengan mengurangi risiko serangan phishing dan lainnya melalui pembaruan keamanan yang terus-menerus. Alamat DNS Google yang terkenal adalah 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, untuk mengakses internet yang lebih cepat dan aman.

2. Cloudflare

Cloudflare
sumber gambar:  Unsplash/Markus Winkler

Cloudflare dikenal sebagai salah satu penyedia layanan DNS dengan alamat 1.1.1.1 yang mudah diingat.

Layanan DNS mereka dirancang untuk meningkatkan privasi dan kecepatan internet pengguna. Cloudflare mengklaim sebagai layanan DNS tercepat di dunia, menyediakan akses ke situs web dengan waktu yang singkat dan mengoptimalkan privasi pengguna.

Karena ia fokus pada privasi pengguna, sehingga Cloudflare menjanjikan penghapusan log DNS pengguna setiap 24 jam, memastikan informasi pribadi tetap terjaga dengan aman.

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

3. CleanBrowsing

CleanBrowsing
sumber gambar: Unsplash/Ilya Pavlov

CleanBrowsing cukup unik karena memiliki beberapa pilihan berdasarkan penyaringan konten. Ada yang aman buat keluarga, menyaring konten dewasa, dan juga untuk keamanan. Alamat DNS CleanBrowsing untuk Android adalah:

1. Filter keluarga: family-filter-dns.cleanbrowsing.org

2. Filter konten dewasa: adult-filter-dns.cleanbrowsing.org

3. Filter keamanan: security-filter-dns.cleanbrowsing.org

Sekedar informasi, sistem pemakaian alamat DNS berbeda antara komputer dan Android. Sebagai contoh, jika alamat DNS Google untuk Android adalah dns.google, untuk komputer kamu memakai 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Lalu bagaimana menerapkan alamat tersebut? Perhatikan langkah pertama di bawah.

Cara Setting DNS di Android

Ada beberapa cara setting DNS di Android, baik melalui Setting, melalui aplikasi browser, atau dengan memakai aplikasi.

1. Melalui Fitur Setting

Harap kamu perhatikan bahwa ada perubahan cara setting DNS sejak Android 9 (juga yang lebih baru). Tutorial yang kami sajikan di sini menggunakan Android 9.

– Buka Setelan (Setting) di hp Android milikmu.

– Masuk ke Network & Internet.

– Geser kebawah dan masuk ke Private DNS.

Melalui Fitur Setting 1
sumber gambar: Urbandigital

– Pilih Private DNS provider hostname

– Masukkan salah satu alamat DNS di atas. MIsalnya 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com.

Melalui Fitur Setting 2
sumber gambar: Urbandigital

Mengganti DNS dengan cara ini akan mengubah secara sistem. Sehingga tidak hanya browser saja yang mendapat keuntungan. Pemakaian aplikasi pun akan terpengaruh.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

2. Lewat Browser

Tiap browser yang ada di Android biasanya memiliki fitur untuk mengganti DNS, aik itu Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dll. Di sini kami contohkan dengan Chrome.

– Di kotak alamat, tekan tombol menu ⋼ dan tekan pilihan ‘⚙ Settings‘.

– Tekan pilihan ‘Privacy and security‘.

– Tekan pilihan ‘Use secure DNS‘.

Lewat Browser 1
sumber gambar: Urbandigital

– Pilih ‘Choose another provider‘ dan tekan tanda panah ▟ untuk melihat pilihan.

– Pilih salah satu provider DNS.

Lewat Browser 2
sumber gambar: Urbandigital

Seperti yang terlihat, cara ini hanya terbatas pada browser bersangkutan saja. Tapi kalau kamu memang sering memakai browser tertentu, maka kamu bisa gunakan metode ini.

Lalu karena ini berbasis browser, maka kamu bisa memakainya di ponsel Android apa saja. Mau Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, semua bisa.

3. Cara Setting DNS Pakai Aplikasi

Jika kamu memilih menggunakan aplikasi, ada beberapa yang layak kamu pilih. Tapi salah satu yang paling populer adalah 1.1.1.1 dari Cloudflare.

Download dan install aplikasi 1.1.1.1 di Play Store.

Cara Setting DNS Pakai Aplikasi 1
sumber gambar: Urbandigital

– Geser atau tekan tuas untuk mengaktifkan fungsi DNS.

Cara Setting DNS Pakai Aplikasi 2
sumber gambar: Urbandigital

Bisa dilihat bahwa cara setting DNS di Android itu sangat mudah. Jadi kalau kamu malas dengan memasukkan kode atau alamat link DNS di setting atau browser, penggunaan aplikasi mungkin menjadi opsi yang cocok untukmu.

Pemakaian DNS alternatif lewat aplikasi ini bisa bekerja menyeluruh, termasuk ketika kamu pakai browser atau aplikasi.

Lalu, kamu juga bisa memakainya di berbagai merk ponsel Android. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung jika ada perbedaan menu di Setting Android.

Alternatif Lain Selain DNS

cara setting dns di android
sumber gambar: Unsplash/Petter Lagson

Ya, tergantung tujuanmu mengganti DNS. Kalau kamu ingin bisa membuka situs web yang diblokir, alternatif lainnya adalah menggunakan VPN.

Tapi memakai VPN bisa punya permasalahan sendiri. Yang pertama jangan sembarangan memakai layanan VPN karena khawatir data privasimu bisa bocor. Yang kedua, kalau kamu pakai yang gratisan, biasanya kecepatannya terbatas, bahkan kuota bandwith pun terbatas.

Tetapi, kalau kamu ingin coba-coba pakai DNS, maka kami sarankan pakai aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare yang memiliki fitur VPN yang bernama WARP. Jadi dengan satu aplikasi, kamu bisa mencoba pakai DNS atau pakai VPN, lalu lihat mana yang kamu butuhkan.

Cara setting DNS di Android memang sering membuat orang bingung dan kesal, karena mungkin mereka takut dengan istilah teknis, takut koneksi error, atau hal lainnya.

Padahal, caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti cara setting DNS di Android yang sudah kami jelaskan di atas. Simpel semua, kan?