Cara Menghubungkan Aplikasi ShareMe (Mi Drop) dengan PC

shareme banner

Aplikasi ShareMe (Mi Drop) adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk melakukan transfer file antar perangkat. Untuk mengirim file antar smartphone caranya cukup mudah. Tapi bagaimana menghubungkan aplikasi ShareMe dengan PC.

Aplikasi ShareMe merupakan aplikasi buatan Xiaomi. Dulu namanya Mi Drop. Aplikasi ini sudah hadir secara bawaan di ponsel Xiaomi. Namun, kamu juga bisa memakainya di ponsel lain. Misalnya saya yang mencoba dengan Realme 5 Pro.

Aplikasi ini memanfaatkan fitur Wi-Fi Direct. Kamu bisa mengirim berkas antar perangkat yang terhubung pada koneksi Wi-Fi yang sama. Secara lokal, tanpa lewat internet.

Kadang kita juga perlu melakukan transfer file dari smartphone ke komputer atau sebaliknya. Lalu bagaimana menghubungkan aplikasi ini?

Menghubungkan Aplikasi ShareMe dengan PC

ShareMe masih belum memiliki aplikasi untuk komputer (sejauh yang saya tahu). Aplikasi ini menggunakan FTP untuk terhubung dengan komputer. Berikut langkahnya.

Langkah 1: Sambungkan ponsel dan komputer di jaringan Wi-Fi yang sama.

Langkah 2: Buka aplikasi ShareMe di ponselmu. Kalau belum punya, bisa unduh dari Play Store.

Langkah 3: Buka sidebar dengan menekan tombol Menu .

Langkah 4: Pilih ‘Connect to Computer‘.

Langkah 5: Di halaman status Wi-Fi, tekan tombol ‘ Start‘ (kamu mungkin diminta untuk menetapkan username dan password untuk keamanan). Lalu perhatikan alamat FTP yang muncul di sana.

menghubungkan shareme dengan komputer

Langkah 6: Buka Windows Explorer di PC.

Langkah 7: Masukkan alamat FTP tadi di kotak alamat (direktori) di Windows Explorer.

Langkah 8: Semua folder yang ada di ponsel sudah bisa kamu akses dari komputer. Kamu bisa melakukan drag ‘n drop atau copy paste berkas antara ponsel dan komputer.

buka folder ponsel dari komputer dengan shareme

Saat ini protokol yang dipakai ShareMe untuk komputer mungkin masih kurang ideal. Tapi Xiaomi sedang mengembangkan protokol baru. Ia bahkan mengajak merek lain, seperti OPPO, vivo, dan realme, untuk bergabung dalam sebuah konsorsium. Semoga saja caranya nanti lebih mudah.

%d blogger menyukai ini: