Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Android dengan Sidik Jari

untuk menghindari yang kepo

mengunci whatsapp dengan sidik jari

Pada update aplikasi Android versi 2.19.221 (31 Oktober 2019), WhatsApp menambahkan fitur baru, yaitu mengunci dengan sidik jari. Nah, bagaimana menggunakan fitur ini?

Aplikasi WhatsApp sebenarnya cukup tertinggal dalam hal fitur kalau dibanding dengan beberapa aplikasi lain. Sebagai contoh fitur mengunci dengan sidik jari ini. Sebelum WhatsApp, Telegram dan Signal sudah lebih dulu memilikinya.

Tapi toh WhatsApp tetap menjadi aplikasi pesan nomor satu di dunia. Walau terhitung lambat, WhatsApp juga secara bertahap menambahkan beberapa fitur dan mengejar ketinggalannya.

Tentunya bisa mengunci aplikasi WhatsApp dengan sidik jari memiliki keuntungan. Kalau kita meninggalkan ponsel di suatu tempat β€” katakanlah waktu nongkrong di kafe dan kamu pergi ke kamar mandi β€” hal ini akan menghindarkan mereka yang iseng membuka dan melihat percakapan WhatsApp. Yah, namanya juga menjaga privasi.

Lalu bagaimana mengaktifkan fitur keamanan ini?

Cara Mengunci WhatApp dengan Sidik Jari

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan tombol Menu di pojok kanan atas.
  3. Masuk ke ‘ Akun‘ (Account).
  4. Masuk ke ‘ Privasi‘ (Privacy).
  5. Geser ke bawah dan tekan ‘Kunci Sidik Jari‘ (Fingerprint Lock).
  6. Tekan tuas ‘Buka kunci dengan sidik jari ‘ (Unlock with fingerprint).
  7. Tekan salah satu pilihan:
    • Segera
    • Setelah 1 eenit
    • Setelah 30 menit
Setelan kunci dengan sidik jari
Setelan kunci dengan sidik jari

Nah, sekarang aplikasi WhatsApp akan terkunci secara otomatis sesuai jangka waktu yang kamu tentukan. Lewat dari periode tersebut, kamu harus membuka aplikasi dengan sidik jari.

Tentunya, setelan ini bisa aktif kalau kamu menggunakan kunci sidik jari di ponsel. Jadi jangan lupa pula mengaturnya di setelan ponsel Android milikmu.

Sekali lagi, fitur ini hadir di aplikasi WhatsApp untuk Android di versi 2.19.221. Seharusnya saat ini kamu sudah mendapat update terbaru. Kalau kamu mematikan fitur auto-update Play Store, kamu bisa mengeceknya sendiri di sana. Bisa juga dengan klik link di bawah ini.

Download (Android)