Cara Menjalankan Aplikasi Android di Perangkat Windows

Apa kalian ingin menjalankan aplikasi Android di Windows? Jika iya, seperti ini cara menjalankan aplikasi Android di perangkat Windows.

Menggunakan aplikasi Android di ponsel adalah hal yang wajar. Tapi bagaimana jika aplikasi Android bisa dijalankan di komputer Windows? Tentu akan terasa lebih menarik ya.

Mungkin selama ini banyak orang mengira aplikasi Android hanya bisa dipakai di ponsel. Padahal ada cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan aplikasi Android di komputer lho.

Menjalankan aplikasi Android di komputer punya beberapa keuntungan. Salah satunya lebih leluasa dalam menjalankan aplikasi, apalagi saat bermain game Android.

Nah, kali ini saya akan berbagi cara untuk menjalankan aplikasi Android di perangkat Windows. Lalu seperti apa caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows

BlueStacks

Sumber Gambar : Bluestacks

Beberapa dari kalian mungkin tidak asing dengan BlueStacks. Yap, ini adalah software yang memungkinkan kalian menjalankan aplikasi Android di PC.

Software ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mencoba aplikasi dan game Android di PC. BlueStacks bisa didapatkan secara gratis. Tapi jika ingin, kalian juga bisa berlangganan kok.

BlueStacks sangat mudah digunakan. Setelah menginstal software ini, kalian tidak akan direpotkan oleh banyak pengaturan. Untuk menggunakannya, kalian cukup pakai akun Google yang sama di Play Store.

Download

Android Studio

Sumber Gambar : Fossybytes

Jika kalian mencari emulator Android dengan fitur lengkap, maka cobalah Android Studio. Sebenarnya, ini adalah program resmi untuk pengembangan aplikasi Android yang diluncurkan oleh Google.

Jelas tujuannya lebih pada pengembangan aplikasi, bukan untuk memakai. Tapi di dalam program ini terdapat pula Android Virtual Device, yaitu perangkat virtual untuk menjalankan (mencoba) aplikasi dan melakukan debug.

Jadi kalau untuk sekedar memakai, program ini lebih sulit digunakan daripada BlueStacks. Sebab Android Studio memiliki banyak komponen, seperti pengeditan kode, analisis APK, hingga emulasi tingkat lanjut.

Android Studio tersedia secara gratis di situs web Android Developer. Tapi sebelum menggunakan emulator ini, kalian perlu menginstal Java untuk menjalankan program.

Download

AirDroid

Sumber Gambar : AirDroid

AirDroid bekerja sebagai cermin. Jadi AirDroid akan menampilkan aplikasi di layar komputer. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengendalikan aplikasi menggunakan mouse dan keyboard.

Sebagai bonus tambahan, AirDroid juga bisa dijalankan di Chrome. Meski begitu, AirDroid juga tersedia dalam bentuk software.

Untuk menggunakan AirDroid di ponsel, akses AirDroid di PC dan pindai kode QR yang tersedia. Kalian bisa pilih opsi remote control ( dengan root) atau USB debugging (tanpa root).

Download

Download