Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah Cara Merekam Suara di Mac Yang Paling Praktis

Foto: TheRegisti | Unsplash
Anom Penulis

Mungkin kamu sedang ingin coba-coba membuat podcast atau audiobook amatir, dan kamu memiliki komputer Mac. Sebenarnya kamu tidak perlu bingung, karena kamu bisa merekam suara di Mac tanpa membutuhkan banyak hal.

Memulai Secara Praktis

Tentu, kalau kamu ingin merekam secara profesional, kamu butuh peralatan lain. Mikrofon bagus, aplikasi mixing dan editing yang bagus, dan seterusnya. Toh, kalau untuk kebutuhan amatir, kamu tidak perlu kelengkapan profesional itu.

Komputer Mac — baik dari sisi perangkat keras dan lunak — sudah bisa memenuhi kebutuhan rekaman sederhana. Selama kamu berada di lingkungan yang sepi tanpa gangguan suara dari sekitar, kamu bisa melakukannya.

Merekam Suara di Mac

Untuk merekam suara, tentu kita butuh mikrofon. Untungnya, sebagian besar Mac sudah punya mikrofon bawaan yang cukup bagus.

Sebagai contoh, laptop Macbook Pro M1 2020 memiliki mikrofon yang cukup bagus. Tangkapan suaranya cukup jernih dan jelas. Sehingga kalau kamu bisa menemukan jarak ideal untuk merekam, pakai itu saja sudah memadai.

macbook pro 13 m1 2020

Kemudian, macOS juga memiliki aplikasi yang bisa kamu pakai merekam suara. Tepatnya ada dua, yaitu Voice Memo dan QuickTime Player.

Pakai Voice Memo

Seperti namanya, aplikasi Voice Memo memang ditujukan untuk membuat catatan suara. Aplikasi ini juga hadir baik untuk iOS maupun macOS. Jadi kalau kamu juga punya iPhone, kamu bisa mendengarkan di sana.

Cara merekam suara dengan Voice Memo:

  1. Buka aplikasi Voice Memo
  2. Tekan tombol Rekam (lingkaran merah) untuk mulai merekam.
  3. Tekan tombol Pause untuk menghentikan rekaman sementara
    • Kamu bisa mendengarkan hasil rekaman dengan menekan tombol Play.
    • Tekan tombol Resume untuk meneruskan rekaman.
  4. Jika sudah selesai, tekan tombol Done.

Yang menarik, walaupun kamu sudah selesai merekam, kamu bisa meneruskannya lagi. Yaitu dengan menekan pilihan ‘Edit Recording‘ di menu saat kamu klik kanan hasil rekaman.

Baca Juga:  Aplikasi Email Spark Windows Tersedia, Ada Fitur & Tampilan Baru

Kamu juga bisa memotong durasi rekaman itu dengan memilih tombol ‘Trim Recording‘ di menu yang sama.

Nah, salah satu masalah ketika merekam suara dengan Voice Memo di Mac adalah jika kita ingin mengirim file audio hasil ke aplikasi lain (misalnya ke WhatsApp). Karena menu Share di macOS — harus saya akui — kurang oke. Jadi bagaimana memecahkannya?

Mengirim file audio dari Voice Memo

Kamu bisa mendapatkan file audio Voice Memo di Mac dengan menggeser hasil rekaman bersangkutan ke folder di Finder. Hasil rekaman itu akan muncul sebagai file dengan format .m4a di Finder.

Kalau kamu hanya ingin memindah sekedarnya, kamu bisa menaruhnya sembarang folder (misalnya Download). Tapi kalau kamu punya proyek khusus, tentu akan lebih baik jika kamu membuat folder tersendiri.

memindah file audio voice memo mac

Lalu, jika kamu pakai iPhone, kamu juga bisa mengirimnya lewat menu Share di aplikasi Voice Memo iPhone. Ini lebih praktis jika kamu ingin sekedar mengirim ke aplikasi pesan, seperti WhatsApp.

Pakai QuickTime Player

QuickTime adalah aplikasi media player di macOS (walau untuk menonton saya lebih suka IINA). Tapi aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk merekam layar (screen record) dan audio.

Cara Merekam Suara dengan QuickTime

  1. Buka aplikasi QuickTime Player.
  2. Di menu bar, klik File > New Audio Recording.
  3. Saat player sudah keluar, kamu bisa menekan tombol Rekam (lingkaran merah) untuk mulai.
    • Kamu juga bisa memilih kualitas dengan menekan tombol Menu ().
  4. Jika sudah selesai, tekan tombol Stop.
  5. Kamu bisa menyimpannya dengan menutup player itu.
    • Akan muncul menu untuk menulis nama file dan di folder mana kamu akan menyimpan file audio tersebut.
    • Juga pilihan untuk menghapus rekaman.

QuickTime Punya Keterbatasan Sendiri

Nah, seperti kamu lihat, menyimpan file audio dari QuickTime Player lebih jelas daripada di Voice Memo. Selain itu juga bisa merekam layar sambil merekam suara. Namun, mungkin untuk beberapa keperluan lain QuickTime punya keterbatasan sendiri.

Baca Juga:  Cara Membuat & Mengatur Grup Tab di Browser Safari

Misalnya untuk melakukan trim, kamu harus memilihnya dari menu bar, yaitu di dalam pilihan Edit. Kemudian, jika sudah selesai (menekan tombol Stop), kamu tidak bisa meneruskan rekaman itu. Kamu harus membuat yang baru.

Memilih Sesuai Kebutuhan

Dari ulasan di atas, kamu sudah bisa tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi. Jadi, sekarang tinggal kamu pilih aplikasi mana yang lebih cocok dengan kebutuhan atau keinginanmu.

Kalau ingin yang bisa melanjutkan rekaman, ya silakan gunakan Voice Memo. Tapi kalau kamu punya kebutuhan lain, misalnya mau sambil merekam layar, ya gunakan QuickTime Player.

Tapi yang paling penting di sini sebenarnya adalah bagaimana kita memulai sesuatu dengan sederhana. Ketika mau belajar memproduksi sesuatu, jangan terbebani dengan peralatan yang canggih terlebih dulu.

Dengan memulai merekam suara di Mac pakai Voice Memo atau QuickTime, kamu bisa segera melakukannya. Fokus pada latihan berbicara (intonasi dan artikulasi) sampai benar-benar enak didengar.