Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menambah Viewers/Jumlah Tayang Youtube Channel Dengan Mudah

Lakukan Tips Ini Kalau Kamu Ingin Cepat Sukses di YouTube

Cara Menambah Viewers atau Jumlah Tayang Youtube Channel Dengan Mudah
Febri Penulis

Menjadi content creator merupakan sebuah cita-cita yang besar untuk tahun mendatang, salah satunya menjadi YouTube. Lalu bagaimana cara menambah viewers YouTube channel supaya bisa viral dan naik cepat?

Di sini akan saya bagikan dengan gratis tips dan trik yang saya gunakan untuk meningkatkan jumlah tayang video YouTube channel saya.

  • Solusi Cepat
    Untuk meningkatkan jumlah tayang YouTube channel dengan mudah, saran saya kamu buat kanal YouTube dengan konsep yang matang lalu buat video yang menarik untuk ditonton sesuai dengan target minat penonton yang kamu tentukan.

Cara Menambah Viewers YouTube Gratis dengan Cepat

Banyak para YouTuber baru yang mencoba sana-sini tips dan trik cara mudah menambah viewers YouTube dengan cepat, kebanyakan para pemula hanya ingin yang instant saja lalu kemudian melakukan hal yang fatal.

Jika kamu ingin membangun YouTube Channel yang baik dan benar, supaya bisa sukses di kemudian hari. Maka saran saya kamu ikuti beberapa tips yang akan saya bagikan ke kamu.

Dan mulai lah tinggalkan kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan untuk membangun YouTube Channel. Silakan simak berikut cara menambah viewer YouTube dengan mudah dan cepat.

1. Buat akun YouTube Channel dengan konsep yang matang

Cara Menambah Viewers atau Jumlah Tayang Youtube Channel Dengan Mudah - Niche YouTube Channel

Langkah pertama saat membuat YouTube Channel adalah dengan menentukan arah dan fokus video yang akan kamu buat nanti itu tentang apa saja.

Niche channel itu penting, supaya kamu bisa mendapatkan pelanggan YouTube (subscriber) dengan mudah dan cepat karena kemudahan pelanggan dalam mengenali karakteristik dari channel milik kamu.

Selain menentukan niche kamu juga harus menentukan karakteristik dari video yang akan kamu produksi seterusnya. Karena kedua hal ini penting untuk ditentukan, supaya sasaran penonton kamu nanti jelas.

Intinya kamu harus tentuin matang-matang soal konsep dari YouTube Channel kamu, supaya nantinya kedepan mudah untuk mengarahkan dan membangun channel milik kamu.

Karena arah dari pembangunan YouTube channel nya jelas. Misal ingin membuat channel tutorial masak, tutorial gadget, mancing, keuarga, bahas mainan, pengajian, olahraga, berita, daily vlog, opini pribadi dan sebaginya.

Masih banyak contoh ide dan konsep YouTube channel, kamu bisa cari idenya dari channel luar negeri lalu kamu buat versi Indonesia, jawa, sunda, batak atau lainnya.

Intinya tidak masalah meniru konsepnya, kamu bisa tinggal modifikasi saja ide yang sudah ada supaya tidak terlalu bingung atau kesulitan dalam menentukan konsep channel dari YouTube kamu.

2. Bangun branding awareness kamu sendiri

Branding awareness itu penting, sama halnya dengan niche dari YouTube channel kamu. Dengan branding awareness yang kuat, maka kamu akan sangat mudah dikenali oleh penonton.

branding awareness yang kuat juga memiliki daya tarik tersendiri dan bisa membuat orang lain jadi betah menonton video kamu, dan bahkan paling parahnya bisa membuat mereka selalu mencari kamu di YouTube.

YouTuber besar biasanya cepat terkenal karena mereka memiliki power ataupun kekuatan di branding awareness yang mereka bangun sedari awal.

Baca Juga:  Cara Bikin Gambar Banner & Profil Supaya Channel Youtube Keren

Jadi, setelah kamu menentukan konsep atau niche dari YouTube channel milik kamu, maka kamu harus juga menentukan branding awareness atau karakter kamu dalam video.

branding awareness itu bisa meliputi dari gaya bahasa atau pembawaan video, suara, tone video dan sebagainya. Intinya sebuah ikonik dari YouTube channel milik kamu.

3. Buat video yang menarik dan informatif

Setelah konsep dari channel kamu sudah jadi dan matang. Tahap kedua adalah mempertahankan kualitas penonton kamu dengan cara membuat video yang menarik serta informatif bagi penonton.

Intinya, kamu harus menjaga penonton untuk tetap menonton video kamu selama mungkin. Jangan sampai kamu membuat video dengan retensi video yang tinggi.

Semakin menarik video kamu dan mampu mepertahankan penonton agar tetap menonton video kamu sampai habis, maka lambat tapi pasti YouTube channel kamu akan segera berkembang dan booming alias viral.

Karena untuk mendapatkan ranking di pencarian YouTube dan rekomendasi video, mesin learning dari algoritma YouTube menentukan peringkat dan rekomendasi video berdasarkan performa dari video tersebut.

Apakah video itu disukai penonton atau tidak, apakah video tersebut di klik untuk ditonton atau di- skip sama penonton dan sebagainya.

Itu lah mengapa kamu harus memperhatikan betul-betul saat ingin membuat video yang bisa ditonton oleh banyak orang.

4. Buat video sesuai minat dan kemampuan

Ingat, buat konten YouTube itu sesuai dengan minat kamu dan juga minat penonton. Jangan sampai kamu membuat sebuah video yang tidak kamu kuasai atau kamu sendirinya kesulitan untuk memproduksi video tersebut.

Kunci utama dalam membangun YouTube channel adalah konsisten dan tetap mempertahankan minat kamu dalam membangun channel.

Untuk durasi kapan harus tayang, apakah sehari sekali atau seminggu sekali. Itu tidak lah penting karena tidak mempengaruhi performa channel.

Begitu juga dengan durasi video yang panjang atau pendek. Terpenting adalah kualitas dari video kamu apakah bisa mempertahankan penonton untuk tetap menonton dan memberikan feedback yang positif berupa tindakan.

Tindakan seperti like, komentar ataupun subscriber. Maka dari itu saya sarankan untuk membuat video sesuai minat kamu dan juga kemampuan kamu dalam memproduksi video.

Tidak perlu setiap hari produksi, asalkan kamu tetap konsisten dalam produksi video itu sudah lebih cukup.

Ingat, kesehatan mental kamu itu terpenting. Jadi jaga kesehatan selalu saat ingin membangun YouTube channel.

5. Perbanyak membuat content video YouTube Shorts

Di tahun 2023 nanti YouTube akan fokus dalam mengembangkan platform sosial media video mereka karena ingin mengalahkan TikTok.

Jadi jika kamu baru memulai atau ingin mengembangkan YouTube channel kamu supaya bisa cepat berkembang, maka buat lah video original untuk diunggah ke YouTube Shorts.

Untuk mendapatkan pengunjung saat ini paling mudah dari video YouTube Shorts, saya sendiri sudah mencobanya.

Upload video baru saat ini, beberapa menit video bisa langsung naik dengan cepat dan mencapai puluhan ribu dalam sewaktu itu bisa saja. Karena memang penonton YouTube Shorts sendiri jumlahnya sudah sampai 1 miliar lebih.

6. Jangan melakukan hal-hal yang bisa merusak algoritma YouTube channel kamu

Banyak dari pemula YouTuber sering melakukan hal-hal yang sebenarnya mengganggu sistem learning dari algoritma YouTube dalam menentukan peminat atau penonton dari video kamu.

Jadi jangan lakukan hal-hal yang nantinya malah merugikan perkembangan dari YouTube channel kamu. Fokus saja dalam membuat video yang unik, menarik dan bisa ditonton sampai habis oleh penonton.

Kamu tidak perlu mencoba hal-hal yang aneh apalagi berupaya sedemikian rupa supaya mendapat subscriber dengan subs fo subs (Sub4sub) atau menonton video kamu sendiri menggunakan ratusan RDP atau membayar orang lain, dan masih banyak lagi kesalahan fatal yang sering dilakukan pemula.

Baca Juga:  YouTube Hadirkan Shorts di PC & Tablet, Sekaligus Cara Baru Bikin Shorts

Hal-Hal yang Merusak Perkembangan YouTube Channel Kamu

  1. Melakukan subs for subs atau melakukan tindakan saling dukung dengan subscribe YouTube channel masing-masing.
  2. Membeli penonton atau jam tayang video YouTube milik kamu.
  3. Spam video kamu di mana-mana.
  4. Mengemis untuk ditonton.
  5. Mengunggah video yang berbeda dengan niche utama channel kamu.
  6. Terlalu banyak melanggar kebijakan komunitas YouTube.
  7. Hindari membuat konten YouTube yang abu-abu atau rawan terkena penalty oleh YouTube.
  8. Jangan mudah termakan hoax dan selalu lakukan riset sendiri mengenai update tips meningkatkan perkembangan YouTube Channel di Indonesia.

Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Supaya YouTube Channel Kamu Bisa Berkembang Cepat

  1. YouTube channel yang memiliki konsep dan ciri khas akan cepat dikenali dan mendapatkan jumlah pengikut yang banyak.
  2. Video yang menarik dan bisa mempertahankan penonton untuk tetap menonton video kamu sampai selesai (performa video baik) bisa mendapatkan rekomendasi dan ranking satu di pencarian YouTube.
  3. Gunakan thumbnail YouTube yang menarik perhatian dan clickable atau mengundang orang lain untuk mengklik video kamu.
  4. Konsisten dalam membangun YouTube channel.

FAQ: Menjawab Pertanyaan Seputar YouTube Terbaru

Cara Menambah Viewers atau Jumlah Tayang Youtube Channel Dengan Mudah - FAQ

Apakah cara menambah viewers YouTube dengan membeli jam tayang itu benar?

Tentu salah, membeli jam tayang video YouTube tidak akan meningkatkan perkembangan YouTube channel kamu. Malah sebaliknya, channel kamu akan rusak dan tidak bisa berkembang.

Apakah durasi panjang/pendek menentukan performa YouTube channel kita?

Durasi video yang panjang atau pendek tidak menentukan apakah channel kamu sepi ataupun ramai penonton. Yang menentukan video kamu banyak ditonton adalah performa dari setiap video kamu.

Penggunaan TAG pada YouTube apakah berguna?

TAG hanya digunakan untuk membenarkan kesalahan eja atau pengucapan kata yang dilakukan penonton, misal You-Tube, you tube, u tube dan sebagainya. Jadi gunakan dengan bijak kosa kata TAG yang ada di YouTube.

Apakah video Shorts dan video YouTube biasa dipisah atau digabung dalam satu channel?

Video biasa atau Shorts mau digabung/dipisah di YouTube channel kamu itu bebas (terserah) keduanya sama saja, bahkan kalaupun kamu gabungkan juga tidak akan menimbulkan masalah apapun karena beda algoritma.

Apakah YouTube Shorts bisa menghasilkan uang?

Video YouTube biasa dan YouTube shorts sama-sama bisa menghasilkan uang, di YouTube shorts uang dihasilkan dari bagi hasil iklan yang tayang per 10 video Shorts yang muncul di beranda penonton.

What’s Next: Apakah Masih Sempat Membangun YouTube Channel Sekarang?

Itu lah tips dan trik dari saya cara menambah viewers YouTube channel kamu dengan cepat dan juga mudah dilakukan pastinya.

Menambah jumlah jam tayang YouTube bisa kamu coba dengan cara-cara yang sudah saya sampaikan di atas, beberapa tips yang saya sebutkan di atas ini adalah informasi yang valid.

Sumber saya menulis artikel ini adalah informasi resmi dari pihak YouTube Kreator Indonesia, dari banyaknya video yang mereka buat mengenai update yang terjadi di YouTube.

Saya rangkum menjadi singkat seperti artikel yang sedang kamu baca saat ini. Jadi, jika kamu malas menonton semua video dari YouTube Kreator Indonesia, kamu bisa baca saja artikel ini. Thank me later yeah

Menjawab pertanyaan yang muncul dalam benak kamu, “apakah membuat YouTube channel sekarang belum ketinggalan?”. Jawabannya tentu belum ada kata terlambat.

Terpenting adalah niat dan segera eksekusi, tidak perlu pedulikan apapun. Jalanin aja dulu apa yang ingin kamu buat, jangan ditunda-tunda jika ingin segera cepat sukses.

Oh iya, jika kamu ingin menonton update informasi terkini terkait pembaruan sistem learning dari YouTube, kamu bisa tonton video berikut:


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.