Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Fitur Twitter Space Sekarang Punya Opsi “Co-Host.” Apa Itu?

Indri Penulis

Twitter menambahkan fitur baru ke Space. Sekarang fitur Twitter Space punya opsi “co-host.” Apa itu dan bagaimana fungsinya?

Besarnya popularitas Clubhouse di masa pandemi membuat Twitter nggak mau ketinggalan. Mei lalu, Twitter resmi meluncurkan Space, sebuah fitur ruang audio yang dibikin mirip seperti Clubhouse.

Di awal peluncurannya, fitur Twitter Space masih memiliki beberapa batasan. Tapi seiring berjalannya waktu, Twitter berusaha membuat Space agar terasa lebih fleksibel.

Contohnya yang dilakukan Twitter baru-baru ini. Di mana Twitter menambahkan opsi “co-host” di fitur Space. Opsi ini diklaim akan membantu host/penyelenggara ruang audio dalam mengelola dan memoderasi percakapan.

Sumber : Twitter

Seperti biasa, yang bakal menunjuk seseorang sebagai co-host adalah host. Setelah diundang, co-host punya hak moderasi dan pengelolaan yang hampir mirip seperti host utama.

Co-host bisa bicara, mengundang anggota ruangan lain untuk bicara, menyematkan tweet, mengeluarkan seseorang dari ruang obrolan, dan masih banyak lagi.

Sumber : Twitter

Walau pun co-host punya wewenang yang hampir mirip seperti host Space, tapi mereka tetap punya beberapa batasan lho.

Cuma host utama yang bisa mengundang  atau menghapus seseorang sebagai co-host (contohnya seorang co-host nggak bisa mengundang/menghapus co-host lainnya). Co-host juga nggak bisa mengakhiri obrolan, cuma host utama yang bisa melakukannya.

Di sisi lain, Twitter nggak cuma menghadirkan opsi co-host. Twitter kini juga telah menambah jumlah peserta yang bisa ngobrol bareng di Space. Sekarang kamu bisa punya satu host, dua co-host, dan sepuluh pembicara yang semuanya aktif dalam satu ruangan sekaligus.

Dilansir dari The Verge, fitur-fitur di atas tengah diluncurkan secara bertahap ke semua pengguna Twitter (jadi kalau belum kebagian, yang sabar ya).

Bagaimana pun juga, Twitter sekarang memang lebih memprioritaskan Space. Terbukti sekarang mereka mendedikasikan bagian atas timeline sebagai tempat Space. Padahal dulunya tempat ini digunakan oleh Fleets. Yah, setidaknya sebelum Fleets resmi dihentikan pada 3 Agustus lalu.

    %d blogger menyukai ini: