Sudah Tersedia, Begini Cara Pakai Fitur WhatsApp “View Once”

Fitur WhatsApp “View Once” akhirnya resmi hadir. Pantengin artikel ini buat tahu seperti apa tampilan dan cara menggunakan fitur tersebut.

Awal Juli ini WhatsApp digosipkan tengah mengembangkan fitur anyar bernama “View Once.” View Once digadang-gadang bakal menjadi versi kilat dari fitur pesan sementara yang sudah ada.

Sebelumnya, WhatsApp memang sudah punya fitur pesan sementara (diumumkan November 2020). Kalau fitur ini diaktifkan, pesan yang dikirimkan bakal otomatis hilang setelah 7 hari.

Lanjut di April 2021, WhatsApp memutuskan buat menghadirkan opsi lain yang lebih singkat. Di opsi baru itu, pesan bakal otomatis hilang setelah 24 jam didiamkan dalam WhatsApp.

Mungkin karena durasinya masih kurang singkat, WhatsApp akhirnya bikin fitur “View Once” yang saat ini sudah bisa dipakai semua orang.

Apa yang menarik dari fitur ini? Sesuai namanya, fitur ini bakal menghapus foto atau video dari obrolan ‘sesaat setelah dibuka’ oleh si penerima.

Cara menggunakan fitur ini sangat gampang. Jadi saat nanti kamu akan mengirim foto atau video, kamu bakal melihat ikon ‘angka 1 dengan lingkaran putus-putus’ di sebelah kiri tombol kirim.

Klik saja ikon tersebut untuk mengirim foto atau video dalam sekali lihat. Nanti setelah penerima membukanya, file yang kamu kirim tadi bakal langsung dihapus.

Jadi bisa dibilang kalau tujuan lain dari fitur ini adalah mencegah si penerima mengambil screenshot foto atau video yang dikirim.

Contohnya ketika kamu mengirim foto yang mengandung informasi sensitif seperti password WiFi. Nah, kamu bisa pakai fitur ini. Dengan begitu orang lain (yang bukan penerima) nggak bakal tahu apa password-mu, dan dia nggak bakal bisa men-screenshoot gambar yang kamu kirim tadi.

Tapi pertanyaannya, fitur ini benar-benar aman nggak sih? Mungkin aman, kalau cuma buat mencegah orang men-screenshoot gambar atau video yang dikirim.

Namun fitur ini sebenarnya bisa diakali dengan cara merekam layar lho. Tapi nggak mungkin juga kan, setiap kali chatting-an sama orang, kamu pasang perekam layar? Mau ngapain coba? Hahaha.

%d blogger menyukai ini: