Cara Scan QR Codes Windows Phone

Anom Penulis

Saat ini, QR Code sudah jamak digunakan dalam kehidupan digital. Rata-rata penggunaan QR Code tersebut adalah untuk mengakses informasi online. Mulai dari rujukan berita, detil barang komersial, atau mengunduh sesuatu. Cara scan QR Code Windows Phone dapat dilakukan dengan mudah.

Kenapa mudah? Karena fungsi scan QR Code ini sudah tertanam di ponsel Windows Phone. Tepatnya di fungsi pencarian Bing. Untuk jelasnya, ikuti langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Search yang ada di ponsel. Tombol itu akan menampilkan halaman pencarian oleh Bing.
  2. Tap tombol Mata (Vision) yang ada di bagian bawah halaman tersebut.
  3. Scan QR Codes dengan mengarahkan kamera ponsel ke QR code yang bersangkutan, dan menjaganya tetap stabil. Akan muncul kotak panduan di layar, dan bila QR Codes terpindai dengan benar, juga akan muncul informasi yang bersangkutan.
  4. Tap informasi tersebut untuk melihat hasilnya. Kalau informasi yang ada berupa link, maka Internet Explorer akan merujuk ke link tersebut.

Sangat sederhana bukan? Tidak hanya itu, proses scan ini juga bisa dilakukan untuk Microsoft tag, barcode biasa, text, sampul buku, dan sampul CD atau DVD.

Untuk teks, selain fungsi pencarian juga tersedia fungsi untuk menerjemahkan. Apabila teks terpindai dengan benar, maka akan muncul seleksi pada kata-kata yang terpindai. Kita bisa memilih sebuah kata (tap di kata tersebut) atau keseluruhan teks untuk fungsi tersebut.

Untuk sampul buku, sampul CD dan DVD, apabila terpindai dengan benar, akan muncul pilihan referensi sesuai dengan gambar yang terpindai. Kita tinggal memilih salah satu (tap di pilihan tersebut), dan Bing akan menampilkan hasil pencariannya.

Mungkin banyak yang belum mengenal Microsoft Tag. Secara mendasar, fungsinya sama dengan QR code. Cara kita memindainya juga sama dengan langkah-langkah di atas. Salah satu contoh Microsoft tag adalah seperti ini:

Fungsi scan semudah ini tentu saja akan sangat membantu kita dalam mengakses informasi dengan lebih cepat. Nah, silakan memperhatikan sekeliling kalian. Happy scanning! 😀

Psst, coba scan QR code dan Microsoft tag di atas. Siapa tahu kalian menemukan harta karun!

    %d blogger menyukai ini: