Cara Sederhana untuk Mengatur Shortcut di Menu Facebook

Facebook telah meluncurkan Shortcut Bar Settings untuk mengatur shortcut menu. Simak artikel berikut untuk ketahui cara mengatur shortcut menu Facebook.

Facebook adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan orang di dunia. Aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia.

Aplikasi ini dipilih banyak orang karena mudah digunakan. Bisa kita lihat dari anak-anak hingga orang tua memiliki akun Facebook. Hal ini membuktikan kepopuleran Facebook di kalangan masyarakat.

Meski begitu, tidak sedikit pula orang yang enggan menggunakan Facebook. Hal ini karena selama bertahun-tahun Facebook dipenuhi berbagai fitur. Bahkan agak terlalu banyak.

Berbagai fitur seperti Facebook Marketplace, Watch dan Group bisa ditemukan di bar navigasi. Bar navigasi biasanya juga dipenuhi ‘titik merah’ pertanda notifikasi.

Nah, titik merah inilah yang kurang disukai pengguna. Sebab pengguna kadang diributkan notifikasi dari fitur yang tidak penting.

mengatur shortcut di menu facebook
Gambar: XDA Developers

Untungnya, saat ini Facebook telah meluncurkan fitur Shortcut Bar Settings. Pengaturan ini membuat pengguna hanya terhubung ke hal-hal yang mereka butuhkan saja.

Pengaturan ini juga memudahkan pengguna untuk mengontrol notifikasi. Pengguna Facebook bisa menghapus berbagai fitur yang menurut mereka tidak penting.

Jadi pengguna tidak akan direpotkan dengan notifikasi Group, Fanpage, dll. Sebagai gantinya, pengguna Facebook hanya akan mendapat notifikasi dari fitur yang mereka butuhkan.

Cara Mengatur Shortcut Menu di Facebook

Cara mengatur shortcut menu di Facebook sangat mudah. Untuk mengakses Shortcut Bar Settings, cukup tekan lama di salah satu shortcut bar navigasi (bagian atas layar aplikasi Android).

Setelah itu akan muncul sebuah menu. Menu ini menampilkan tiga opsi yakni, ‘Turn Off Notification Dots,’ ‘Remove From Shortcut Bar,’ dan ‘Manage Shortcut Bar.’

Turn Off Notification berarti kalian akan mematikan notifikasi fitur tertentu. Remove From Shortcut Bar memungkinkan kalian untuk menghapus fitur dari bar navigasi.

Sementara Manage Shortcut Bar memungkinkan kalian mengatur shortcut bar sesuai kebutuhan. Kalian cukup pilih salah satu opsi sesuai kebutuhan.