Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Cara Transfer File dari HP ke Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Transfer File dari HP ke Laptop dengan Mudah dan Cepat
sumber gambar: vecteezy/Abdulloh Fauzan

Semua orang mungkin tahu kalau kita bisa mengirim file dari hp ke laptop — atau sebaliknya — dengan menghubungkan kedua perangkat lewat kabel USB. Tapi bagaimana cara transfer file dari hp ke laptop tanpa kabel USB?

Di sini kami akan membahasnya lebih jauh.

  • Solusi Cepat
    Kamu bisa melakukan transfer file dari hp ke laptop atau sebaliknya dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, baik lewat aplikasi atau situs web.

Manfaat Transfer File Tanpa Kabel USB

Mengirim file antar perangkat lewat kabel memiliki kelemahannya tersendiri. Hal ini, walau kelihatannya sepele, bisa cukup merepotkan. Misalnya kedua perangkat punya colokan berbeda, kabel milikmu rusak, atau kabel terlalu pendek.

Sedangkan mengirim file tanpa kabel USB (secara nirkabel) dilakukan mengunakan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi. Dengan begitu, kamu tidak punya ketergantungan dengan jenis colokan dan kabel. Kamu tidak perlu membeli kabel baru jika perangkatmu punya colokan berbeda.

Bahkan cara transfer file dari hp ke laptop lewat koneksi Bluetooth dan Wi-Fi bisa dilakukan walau perangkat berbeda ekosistem. Misalnya dari ponsel Android ke Macbook.

Tapi mungkin ada di antara kamu yang berpendapat bahwa memindah file dari hp ke laptop dengan Bluetooth lambat. Nah, yang menarik, dalam cara yang kami bahas ini, proses transfer file bisa dilakukan lewat koneksi Wi-Fi secara lokal (tanpa lewat internet).

Syarat Transfer File Tanpa Kabel USB

Lalu apa yang perlu kita lakukan supaya bisa memindah file dari hp ke laptop tanpa kabel USB? Paling tidak ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.