Cara untuk Mempercepat Koneksi Data Seluler yang Lemot

Koneksi data di ponsel kalian lemot? Tenang. Kalian bisa coba beberapa cara berikut untuk mempercepat koneksi data seluler di smartphone.

Smartphone adalah benda yang sangat penting bagi manusia. Semua hal bisa kita akses melalui smartphone, dan hampir semuanya memakai data seluler.

Sayangnya tidak setiap waktu data seluler di ponsel berjalan normal. Ada kalanya, kita merasa kalau data seluler di smartphone lemot.

Nah, kalau kalian sedang mengalami masalah seperti itu, jangan khawatir. Kalian bisa coba cara di bawah ini untuk mempercepat koneksi data seluler.

Sumber Gambar : TEK

Cara Mempercepat Koneksi Data Seluler

Restart Smartphone

Restart sering dilakukan orang-orang saat smartphone atau laptop mereka lemot. Walau terlihat sederhana, tapi metode ini lumayan ampuh untuk mengatasi masalah itu.

Nah, kalian bisa coba restart smartphone untuk mempercepat koneksi data. Setelah ponsel hidup kembali, coba hidupkan data seluler dan lihat hasilnya. Kalau masih lemot, kalian bisa mencoba cara berikutnya.

Ubah Lokasi

Ada banyak faktor yang membuat jaringan lemot. Beberapa diantaranya adalah cuaca, macetnya jaringan, aktivitas matahari, sampai kondisi geografi dan bangunan.

Kalau kalian misal ada di daerah terpencil (gunung, bukit atau lembah), tempat itu bisa mempengaruhi kualitas jaringan. Hal ini juga berlaku untuk bangunan.

Misal saat kalian ada di dalam gedung A dan koneksi di sana lambat. Kalian bisa pindah lokasi, entah itu keluar atau pindah ke gedung sebelah.

Putuskan Sambungan VPN

Apa kalian suka menggunakan VPN? VPN memang membuat kalian bisa menjelajahi apa pun sepuasnya, termasuk situs-situs yang diblokir provider.

Tapi di sisi lain VPN juga bisa memperlambat koneksi data seluler. Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan koneksi VPN di smartphone. Biasanya setelah itu koneksi akan kembali lancar.

Update dan Nonaktifkan Aplikasi

Kadang-kadang ada aplikasi yang bisa memonopoli koneksi data. Imbasnya, koneksi data akan menjadi lemot. Nah dalam kasus ini, kalian perlu menyelidiki aplikasi apa yang bermasalah.

Di iPhone, kalian bisa pergi ke β€˜Settings > Mobile.’ Setelah itu nonaktifkan akses aplikasi yang berpotensi memperlambat koneksi.

Sedangkan di Android, tap menu β€˜Settings > Network & internet > Mobile network > App data usage.’ Tap aplikasi, kemudian geser slider β€˜Background data’ untuk mencegah aplikasi menggunakan data latar belakang.

Oya, selain menonaktifkan aplikasi, jangan lupa untuk memeriksa update aplikasi ya. Biasanya pengembang aplikasi mengeluarkan update untuk mengatasi bug.

Nonaktifkan Data Saver / Mode Data Rendah

Baik Android atau iOS, mereka semua memiliki kemampuan untuk membatasi penggunaan data. Fitur ini berguna saat kalian punya kuota terbatas.

Tapi di sisi lain, fitur ini juga bisa memperlambat koneksi internet. Nah, kalian bisa menonaktifkan fitur ini untuk mempercepat koneksi data.

Di Android, klik β€˜Settings > Network & internet > Data Saver.’ Kalau di iPhone, kalian bisa tap β€˜Settings > Mobile > Cellular Data Options > Low Data Mode.’

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi data di smartphone. Oya, kalau koneksi internet di laptop kalian lemot, kalian juga bisa membaca cara mempercepat koneksi internet di PC / laptop.