Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Casing Choetech: Cara Bikin SSD Eksternal Tercepat

Apakah kalian pernah mengalami ketika habis upgrade SSD PC/laptop terus bingung yang lama mau diapain? Mau dijual kok harga nggak seberapa, tapi mau dipake PC/laptop udah nggak ada slot lain tersedia. Nah, cara paling jitu untuk memanfaatkannya adalah dengan menjadikannya sebagai SSD eksternal.

Tentunya ada barang tambahan yang kita butuhkan untuk itu. Kita perlu casing eksternal agar SSD bekas tersebut bisa menjadi portabel sehingga tetap terlindung dan mudah dibawa ke mana-mana.

Berbeda dengan casing HDD eksternal, casing SSD eksternal agak sulit didapat di Indonesia. Namun jika kalian membutuhkannya, kalian bisa mencarinya di toko online luar. Salah satu produk yang saya gunakan saat ini adalah casing buatan Choetech.

Paket penjualan

Dengan harga $64.99 (ada diskon di akhir artikel), paket penjualan casing Choetech NVMe M.2 SSD cukup lengkap. Selain case-nya yang terbuat dari bahan alumunium, saya mendapatkan kabel USB type-c, double-tip 3M tiga buah, obeng, sekrup dan buku petunjuk penggunaan.

Jadi tak perlu khawatir, ketika membeli casing ini, kita tak perlu lagi diributkan dengan segala macam printilan agar bisa menggunakannya dengan baik.

Desain

Casing SSD eksternal dari Choetech ini berbahan alumunium yang kokoh dan kuat. Secara desain juga cukup ergonomis dan cocok untuk mobile. Buat kalian yang sering bepergian dan membawa banyak data, casing dari Choetech ini tidak banyak menghabiskan ruangan di dalam tas. Bahkan bisa kita masukkan kantong celana.

Casing ini memiliki desain ventilasi pada kedua sisinya. Hal itu digunakan untuk menjaga SSD tidak terlalu panas.

Casing ini sudah menggunakan USB type-C untuk mendapatkan proses transfer data yang cepat. Jadi pastikan saja kalian juga sudah memiliki colokan USB 3.x untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Casing ini juga dilengkapi dengan lampu indikator yang akan memberitahukan jika SSD sedang digunakan untuk mengolah file, baik transfer, menghapus data atau lainnya.

Ada kendala yang saya hadapi ketika hendak memasang SSD ke casing milik Choetech tersebut. Saya harus beberapa kali mencoba terlebih dulu agar terbiasa untuk melakukan bongkar-pasang.

Secara keseluruhan, saya suka dengan desain yang ada pada casing milik Choetech ini.

Kesimpulan

casing ssd eksternal choetech
Dukungan casing Choetech

Casing SSD eksternal dari Choetech ini bisa dibilang sangat cocok buat kalian yang bergaya hidup mobile dan membutuhkan media penyimpanan yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa harus terkoneksi dengan internet (cloud storage).

Buat kalian yang memiliki SSD bekas laptop nganggur, dan ingin memanfaatkannya, casing ini bisa menjadi pilihan tepat.

Namun sebelum membelinya, pastikan bahwa SSD kalian cocok dengan casing ini. Casing ini mendukung tipe-tipe M-Key M.2 SSD (PCI-E NVMe-based) ukuran 2230 / 2242 / 2260 / 2280., dan tidak mendukung jenis-jenis B-Key SSD(SATA-based) dan M-Key M.2 SSD(PCI-E AHCI-based).

Kalau kalian berminat membelinya, ada diskon 30% dari harga $64.99. Silakan gunakan kode kupon: SSD01EY.

3.9
Ringkasan
Casing SSD eksternal dari Choetech sangat cocok buat yang bergaya hidup mobile dan membutuhkan media penyimpanan portabel tanpa harus terkoneksi dengan internet (cloud storage).
Pros
Bahan aluminium
Punya ventilasi udara
Cons
Harga relatif mahal
More Stories
Rekomendasi 6 Aplikasi Smartphone untuk Membuat Desain Baju