Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

CatchUp dan Collab – Dua Aplikasi Baru Dari Facebook

Anom Penulis

Tim NPE dari Facebook kembali merilis dua aplikasi baru yang bernama CatchUp dan Collab. Hm, kelihatannya tim eksperimentar dari Facebook ini benar-benar giat menguji batasan aplikasi media sosial.

Tim NPE atau New Product Experimentation adalah tim yang bekerja membuat aplikasi eksperimental. Sebelum ini tim NPE sudah membuat cukup banyak aplikasi. Mulai dari Tuned, aplikasi komunikasi pasangan; Kit, aplikasi pesan suara Apple Watch; Whale, aplikasi pembuat meme; sampai Hobbi, aplikasi berbagi aktivitas.

popculture.id

Begitulah Tim NPE kembali meluncurkan 2 aplikasi baru dalam 2 hari ini. Seperti apa aplikasi CatchUp dan Collab ini? Yuk kita intip.

Aplikasi CatchUp

Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi panggilan suara (voice call). Namun ada yang berbeda dari panggilan siuara biasa seperti yang ada di WhatsApp atau panggilan telepon. Aplikasi CatchUp akan menunjukkan siapa saja temanmu yang bisa kamu telepon alias sedang tidak sibuk.

aplikasi CatchUp

Tim NPE menyebutkan kalau riset mereka memberikan data kalau orang jaman sekarang jarang menelepon karena mereka tidak tahu apakah teman atau keluarga sedang bisa diajak ngonrol atau tidak. Aplikasi pesan, seperti WhatsApp, yang tidak sangat aktual (bisa dibalas kapan saja) akhirnya menjadi pelarian.

Demikianlah aplikasi CatchUp dibuat. Selain bisa menunjukkan siapa yang sedang lowong dan bisa dipakai untuk panggilan personal, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk panggilan grup.

Sayangnya aplikasi baru CatchUp dari Facebook ini hanya tersedia dalam waktu terbatas untuk iOS dan Android, juga hanya tersedia di Amerika saja.

Aplikasi Collab

Collab merupakan sebuah aplikasi agar pengguna bisa membuat, menggabungkan, dan menonton video berbasis musik. Cukup unik dan menarik.

Aplikasi Collab akan menyajikan tiga video. Kamu bisa mencari video dengan ritme yang pas dan menggabungkannya. Gabungan musik dan video itu akan menciptakan musik baru hasil kolaborasi beberapa orang. Kemudian kamu bisa membaginya ke Instagram, Facebook, atau media sosial lain.

aplikasi Collab

Bisa kamu lihat, aplikasi ini mungkin terinspirasi dari berbagai video challenge yang populer. Memang terlihat unik dan seru kalau dibagi di media sosial. Bisa jadi ini salah satu cara Facebook mencari celah untuk menyaingi TikTok yang semakin populer.

Namun, untuk sementara aplikasi Collab hanya tersedia berdasar undangan. Itu pun mulai dari Amerika dan Kanada. Tapi kalau kamu penasaran, kamu bisa melihatnya di https://npe.fb.com/collab.

Nah, bagaimana? Apakah menurutmu aplikasi baru dari tim NPE Facebook ini menarik apabila tersedia secara global? Apakah akan lebih menarik bila menjadi fitur Facebook atau Instagram?

    %d blogger menyukai ini: