Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Fenomena “Challenge” Paling Viral Di Dunia

viral harlem shake challenge
Anom Penulis

Challenge adalah salah satu fenomena internet dan sudah hadir cukup lama. Saat ini pun bertambah populer ketika orang berusaha mengisi waktu di masa karantina pandemi Corona. Kali ini kami mengajak kamu sedikit bernostalgia melihat beberapa challenge paling viral selama ini.

Challenge” pada dasarnya merupakan sebuah foto atau video yang berisi seseorang atau sekelompok orang melakukan tantangan tertentu. Video itu kemudian diunggah ke media sosial dan menginspirasi orang lain melakukan tantangan yang sama.

popculture.id

Dari tahun ke tahun hampir selalu ada challenge yang paling viral di antara yang lain. Beberapa ada yang cukup kontroversial dan dianggap berbahaya. Bahkan YouTube pun sempat melarang video challenge yang berbahaya.

Nah, apa saja challenge yang paling viral itu?

Planking

planking challenge

Bentuknya sangat sederhana. Berbaring lurus menghadap ke bawah di berbagai tempat (yang sering kali tidak wajar). Tren satu ini dimulai sebagai “The Lying Down Game” oleh dua pelajar pada tahun 1997 dan terus mereka lanjutkan di Facebook pada tahun 2007. Istilah planking terkenal dan mendunia sekitar awal tahun 2011.

Gangam Style

Rapper asal Korea Psy merilis lagu Gangnam Style pada bulan Juli 2012 dan tidak hanya menjadi fenomena dunia tapi memberi pengaruh yang luar biasa. Salah satunya tentu saja memancing orang melakukan tarian ikonik di video klip lagu tersebut, entah sendirian atau sebagai flash mob.

Harlem Shake

Tantangan ini biasanya menyajikan seseorang (dengan kostum berbeda) menari di antara sekelompok orang yang cuek (melakukan kegiatan sehari-hari) dengan diiringi lagu “Harlem Shake” dari Baauer. Namun kemudian ketika bass drop terjadi, semua orang yang ada menari liar dan seringkali juga berubah memakai kostum aneh.

Tren Harlem Shake ini dimulai oleh Joji di kanal DizastaMusic yang menampilkan beberapa orang menari (video di atas). Video itu sedikit berbeda dengan konsep yang berkembang selanjutnya (tapi punya nuansa sama).

Ice Bucket Challenge

Tantangan ini menyuruh seseorang menyiram seember air es ke atas kepala. Ia lalu menantang orang lain melakukannya dalam waktu 24 jam atau menyerah dengan melakukan donasi pada badan amal tertentu. Tantangan ini dibuat sebagai dukungan untuk riset ALS (amyotrophic lateral sclerosis).

Yah, video di atas memang berasal dari tahun 2015. Namun Ice Bucket Challenge paling viral di media sosial pada pertengahan tahun 2014. Karena berbasis amal, imbasnya cukup besar sampai pada pemimpin negara dan perusahaan multinasional.

Bottle Flipping

Pada acara di sebuah SMA di tahun 2016, seorang pelajar bernama Mike Senatore melempar botol air yang berputar dan mendarat sempurna di meja. Aksi itu pun mendapat sorak sorai dari penonton. Aksi bottle flipping ini pun kemudian viral dan menjadi salah satu tantangan paling populer.

Mannequin Challenge

Tantangan ini menyuruh orang diam seperti boneka manekin sementara kamera bergerak merekam mereka. Mannequin Challenge ini dimulai oleh sekelompok pelajar, dan akhirnya begitu terkenal sampai atlet, artis, dan selebritis pun ikut melakukannya.

Kiki Challenge

Kiki Challenge juga dikenal dengan sebutan “In My Feeling Challenge” atau “DoTheShiggy”. Tantangan ini berawal dari komedian bernama Shiggy menari diiringi lagu “In My Feeling” dari Drake. Nama Kiki sendiri berasal dari nama pacar pertama Drake dari Toronto.

Tantangan ini berupa orang keluar mobil dan menari seiring mobil berjalan dengan diiringi lagu “In My Feeling”. Tantangan ini dianggap berbahaya dan mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Bird Box Challenge

Bird Box Challenge berawal dari promosi Netflix dengan 4 orang streamer Twitch yang enampilkan mereka bermain game sambil ditutup matanya (seperti di film Bird Box). Namun kemudian tantangan ini menggoda banyak orang melakukannya di kegiatan sehari-hari.

Bird Box Challenge menjadi kontroversial ketika seorang gadis mengendarai mobil sambil ditutup matanya dan tabrakan. Netflix kemudian memberikan peringatan supaya tidak melakukan tantangan ini untuk kegiatan yang berbahaya.

Bottle Cap Challenge

Tantangan ini mengajak orang membuka tutup botol dengan tendangan (biasanya tendangan putar). Bottle Ccap Challenge berawal dari juara UFC Max Holloway yang menantang John Mayer untuk melakukannya. Selanjutnya berbagai selebritis lain pun ikut serta, termasuk Jason Statham, Shawn Mendes, Justin Bieber, Diplo, dan Donnie Yen.

Beberapa selebritis lain ikut serta dengan sedikit memparodikannya, seperti Kendall Jenner yang memakai jet ski, atau Mariah Carey yang membuka botol dengan suaranya.

    %d blogger menyukai ini: