Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Cek Fitur Auto Cut Off di Laptop untuk Putus Listrik ke Baterai Otomatis

Indri Penulis

Penasaran apa laptop punya fitur auto cut off apa nggak? Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara cek fitur auto cut off di laptop.

Selama ini banyak banget orang yang terbiasa mengisi daya laptop berlama-lama. Bahkan ketika daya laptop sudah 100%, mereka masih tetap mencolokkan charger ke laptop. Apalagi kalangan gamer, mereka seolah nggak mau kekurangan daya baterai. Karena hal itu bakal menghambat aktivitas gaming.

Mengisi daya laptop terus-menerus (bahkan sampai baterai full, tapi charger masih dicolokkan) aman nggak sih? Bisa bikin baterai bocor nggak? Hm, mungkin banyak dari kamu yang penasaran soal jawabannya.

Sebenarnya mengisi daya baterai laptop terlalu lama ‘sangat tidak dianjurkan.’ Pasalnya hal ini dapat membuat suhu laptop gampang meningkat, merusak baterai, dan juga mengurangi masa pakai baterai laptop.

Pentingnya Fitur Auto Cut Off di Laptop

Sebenarnya laptop zaman sekarang sudah banyak yang dibekali fitur auto cut off lho. Jadi saat laptop di-charge dan dayanya sudah mencapai 100%, maka secara otomatis fitur ini akan memutus arus listrik ke baterai, lalu penggunaan daya akan dialihkan langsung dari adaptor.

Sumber : Lha Geek

Dengan adanya fitur auto cut off, laptop tak akan menjadi overcharge. Laptop pun bakal tetap aman digunakan, walau sambil tetap dicolokkan ke listrik.

Aduh.. Laptopku sudah ada fitur kaya gini nggak ya?

Mayoritas laptop keluaran tahun 2015 ke atas sudah mendukung fitur auto cut off. Tapi ada juga yang belum sih. Buat mengetahui apakah laptopmu sudah mendukung fitur ini atau belum, kamu bisa memeriksa.

Cara Cek Fitur Auto Cut Off di Laptop

Oya, sedikit informasi, dalam artikel cara cek fitur auto cut off di laptop ini saya menggunakan Windows 11. Mungkin kalau kamu pakai versi Windows yang lain, bakal ada beberapa perbedaan letak menu/aplikasinya.

Cara 1: Via Device Manager

Masuklah ke Device Manager. Caranya klik kanan ikon Windows (menu Start) dan klik “Device Manager.” Atau, kamu juga bisa ketikkan “device manager” di Search.

Setelah itu, klik pada opsi “Batteries” dan lihatlah apakah laptopmu ada fitur “ACPI-Compliant Control Method Battery” atau nggak. Kalau ada, berarti laptopmu sudah mendukung fitur auto cut off.

Cara 2: Via Menu Baterai di Taskbar

Perhatikan info yang ada pada logo baterai yang terletak di taskbar. Kalau ada tulisan “Not Charging” ketika baterai hampir penuh, berarti fitur auto cut off udah ada. Biasanya fitur ini bakal aktif kalau daya baterai sudah mencapai 75% – 100%.

Cara 3: Via Ikon Baterai Taskbar

Selain kedua cara tadi, kamu juga bisa mengarahkan kursor ke ikon baterai dan tahan beberapa detik. Tunggu sampai muncul keterangan “plugged in, not charging.” Itu artinya, laptopmu mendukung fitur auto cut off.

    %d blogger menyukai ini: