Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel Android dan iPhone Apa Black Market atau Tidak

Indri Penulis

Pemblokiran ponsel BM di Indonesia akan dilakukan berdasarkan nomor IMEI. Simak artikel ini untuk ketahui cara cek IMEI di ponsel Android dan iPhone.

Beberapa waktu lalu, pemerintah mengumumkan akan memblokir peredaran ponsel black market (BM) di Indonesia. Pemerintah menggunakan nomor IMEI untuk menyaring ponsel BM.

Setiap ponsel yang masuk ke Indonesia pasti memiliki nomor IMEI. Dan semua database nomor IMEI akan disimpan oleh Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Namun jika nomor IMEI suatu ponsel tidak ada di database itu, maka bisa jadi itu adalah ponsel BM. Lalu bagaimana cara memeriksa nomor IMEI ponsel asli atau tidak?

Sumber Gambar : My Memory

Cara Memeriksa Nomor IMEI Ponsel BM atau Tidak

Mencari Nomor IMEI

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari nomor IMEI di ponsel. Bagi pengguna iPhone atau iPad, kalian bisa cek nomor IMEI di Setting > General > About.

Sementara bagi pengguna Android, nomor IMEI ada di menu Setting > About Phone. Bagi pengguna Bahasa Indonesia, bisa mengakses menu Pengaturan > Tentang Perangkat.

Apabila smartphone hanya mendukung satu kartu SIM, maka nomor IMEI yang tertera hanya satu. Tapi jika ponsel mendukung dua kartu SIM, maka IMEI yang muncul adalah dua.

Selain memeriksa di ponsel, IMEI biasanya tertera di kotak penjualan smartphone. Cobalah periksa di stiker atau label informasi terkait identitas ponsel.

Cara Cek Nomor IMEI

Setelah mendapatkan nomor IMEI, kini saatnya memeriksa keaslian ponsel. Untuk mengetahui ponsel BM atau tidak, kalian bisa menggunakan situs Kemenperin.

Di dalam website, terdapat sebuah kolom dengan judul ‘Cek IMEI.’ Masukkan nomor IMEI yang tertera di ponsel ke kolom tersebut, dan klik ikon kaca pembesar.

Baca Juga:  Samsung Bikin Galaxy S22 Ultra Edisi "Mercedes Benz" dan "Mark & Lona"

Jika nomor terdaftar di database Kemenperin, akan muncul pesan ‘IMEI terdaftar di database Kemenperin.’ Untuk ponsel palsu, akan muncul pesan ‘IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.’

Apa yang Terjadi dengan Ponsel BM Ke depan?

Sebenarnya batas waktu pemblokiran ponsel BM adalah tanggal 17 Agustus 2019. Untuk ponsel BM yang dibeli sebelum tanggal itu tidak langsung diblokir.

Ketentuan masa pakai ponsel akan ditentukan terlebih dahulu. Tentunya ketentuan ini berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu bagaimana dengan ponsel BM yang dibeli setelah tanggal 17 Agustus 2019? Ponsel tetap bisa digunakan, asal proses importisasi sesuai peraturan yang berlaku.