Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

CEO Epic Games Isyaratkan Fortnite Hadir Lagi di iOS

fortnite ios app store
Anom Penulis

Tim Sweeney, CEO Epic Games, memberi isyarat misterius soal Fortnite yang hadir kembali di iPhone alias di platform iOS. Padahal sengketa antara Apple dan Epic Games soal App Store belum selesai.

Dalam merayakan tahun baru 2023, Tim Sweeney membuat tweet “Tahun depan di iOS!” Lalu menyusulkannya dengan gambar karakter game Fortnite yang melihat kembang api berbentuk tahun 2023.

Apakah game ini memang akan kembali ke iPhone?

tweet tim sweeney fortnite ios

Pada tahun 2020, Fortnite ditarik dari App Store akibat masalah pembelian dalam aplikasi. Tepatnya karena Epic Games dituduh menyalahi peraturan App Store dengan menyediakan sarana transaksi langsung (tanpa lewat sistem pembayaran App Store).

Menyusul masalah itu, kedua perusahaan, Apple dan Epic Games, kemudian bertarung di meja hijau. Pada tahun 2021, pengadilan di Amerika memutuskan bahwa pengembang aplikasi Apple boleh meletakkan link untuk transaksi alternatif di luar App Store.

Sampai akhir tahun 2022, sengketa di antara kedua perusahaan itu masih belum selesai. Saat ini Fortnite bisa dimainkan di perangkat Apple melalui layanan streaming game online.

Namun, kehadiran game unggulan Epic Games kembali di sistem operasi Apple ini mungkin memang akan menjadi nyata, sesuai tweet Tim Sweeney, sang CEO Epic Games.

Pemerintah Uni Eropa sudah menetapkan kebijakan DMA (Digital Markets Act). Salah satu implementasi berdasar kebijakan itu adalah membolehkan aplikasi di-install di sistem operasi milik Apple itu tanpa melalui App Store.

Jadi seperti bagaimana pengguna bisa melakukan instalasi aplikasi dan game melalui APK di Android. Dalam hal ini, termasuk game Fortnite.

Rumor menyebutkan bahwa Apple berencana mematuhi kebijakan Uni Eropa itu melalui rilis sitem operasi mendatang, iOS 17. Rumor serupa juga terjadi pada kasus colokan USB-C di iPhone yang menggantikan colokan lightning.

Jika memang begitu, maka tweet dari Tim Sweeney memang beralasan. Mungkin, malah tweet tersebut menjadi indikasi kalau memang perubahan itu memang segera terjadi.

Baca Juga:  Coachella 2022 Tiba, Fortnite Bikin Skin Cantik Bertema Festival Musik Coachella

Fortnite sendiri merupakan salah satu game battle royale paling populer, walau di negara tertentu pamornya masih kalah dengan PUBG. Kalau memang benar Fortnite kembali ke iOS, pengguna iPhone yang main tentu bisa melanjutkan hobinya dengan game favorit mereka itu.