Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Konfirmasi iPhone Pakai USB-C, Akhir Colokan Lighting?

colokan lightning iPhone
Foto oleh: Daniel Romero | Unsplash
Anom Penulis

Akhirnya Apple memberikan konfirmasi soal iPhone pakai USB-C dan beralih dari colokan lightning. Dengan begitu, iPhone akan punya colokan yang seragam dengan smartphone dan perangkat lain.

iPhone memang punya colokan yang berbeda dengan perangkat lain. Colokannya disebut lightning. Perbedaan ini sering menjadi diskusi tersendiri di dunia teknologi.

Apple Konfirmasi iPhone Pakai USB-C

Melansir Apple Insider, konfirmasi ini disebutkan oleh Greg Jozwiak, Wakil Presiden Senior Pemasaran Global Apple. Ia mengatakan hal itu dalam acara Tech Live yang diadakan oleh Wall Street Journal, pada hari Selasa.

Greg Jozwiak menghadiri acara itu bersama Craig Federighi, Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple. Mereka membicarakan berbagai hal, termasuk inovasi Apple, aplikasi iMessage di Android, dan iPhone pakai USB-C.

Greg Jozwiak menyatakan kalau Apple menyetujui keputusan Uni Eropa untuk colokan yang seragam pada pengisi daya (charger) perangkat elektronik konsumen.

“Kami harus mematuhinya,” ujar Jozwiak.

Ucapan Greg Jozwiak ini secara tidak langsung memberi konfirmasi bahwa iPhone mendatang akan menggunakan USB-C. Dengan begitu meninggalkan colokan lightning.

Proposal penyeragaman colokan USB-C untuk perangkat elektronik ini sudah diajukan sejak bulan September 2021. Kemudian Parlemen Eropa mulai mengatur kebijakan ini pada awal Oktober 2022. Pada hari Senin, 24 Oktober 2022, keputusan itu mendapat ketok palu.

Masalah Perbedaan Colokan

Perbedaan colokan iPhone memang sering membuat penggunanya pusing. Kabel charger iPhone memiliki colokan USB biasa di satu ujung, dan colokan lightning di ujung lainnya.

Sementara, perangkat Apple lainnya sudah mengadaptasi colokan USB-C. Misalnya Macbook dan iPad baru. Dengan begitu, pemakaian antar perangkat Apple saja sudah cukup sulit.

Sebagai contoh, jika kita mau mengisi daya iPhone dengan Macbook, kita harus membeli kabel tambahan. Pilihan lainnya adalah menggunakan dongle.

Memang, untuk transfer file antara iPhone dan Mac sudah sangat mudah melalui AirDrop. Dengan kata lain secara nirkabel (wireless) lewat Wi-Fi dan Bluetooth.

Baca Juga:  Skema Lubang Kamera di Layar iPhone 14 Pro Tampak Lebih Besar

Dengan beberapa laptop Windows pun hal itu sudah dimungkinkan. Sebagai contoh dengan laptop ASUS melalui aplikasi MyASUS.

Bahkan aplikasi MyASUS sudah memungkinkan menggunakan iPhone sebagai webcam di laptop WIndows, sebelum Apple membuat fitur Continuity Camera.

Jadi masalahnya memang ada di saat mau mengisi daya. Saat iPhone kita habis baterainya, kita tidak bisa serta merta meminjam kabel charger ponsel lain (Android) untuk mengisi daya.

Imbas Perubahan Colokan USB-C iPhone

Walau masalah colokan ini lebih berpengaruh pada pengisian daya, imbasnya bisa cukup besar. Paling tidak, nantinya kabelnya sama dengan ponsel Android.

Di sisi lain, kamu mungkin juga tidak bisa meminjam kabel dari teman yang memakai iPhone versi lama. Dengan kata lain butuh dongle. Jadi kondisinya akan cukup lucu.

Selain itu, perubahan ini juga akan menggerakkan industri aksesori iPhone dengan menghadirkan produk-produk baru sesuai dengan standar baru.

Bagaimanapun, kita juga sudah mulai melihat bocoran iPhone 15 yang disebut menggunakan USB-C. Seperti iPhone 15 Ultra yang katanya pakai bodi titanium.

Nah, bagaimana menurutmu? Mana yang kamu lebih suka? Colokan lighting apa USB-C?


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected]