MediaTek Rilis Chipset 4nm Dimensity 9000 5G untuk Ponsel Flagship

MediaTek resmi umumkan chipset flagship 4nm “Dimensity 9000 5G.” Lihat di sini untuk mengetahui seperti apa spesifikasi yang ditawarkan.

Persaingan dua raksasa chipset dunia, MediaTek dan Qualcomm akhirnya resmi dimulai. Walau sebelumnya Qualcomm lebih sering dikabarkan akan meluncurkan chipset flagship-nya tahun ini, tapi kenyataannya rencana itu didahului olah MediaTek.

Baru-baru ini, MediaTek resmi mengenalkan chipset anyar yang mereka namakan “Dimensity 9000 5G.” Dimensity 9000 5G adalah chipset flagship 4nm pertama di dunia yang diklaim sangat kuat.

Sekuat apa sih chipset yang satu ini? Dari pada penasaran, saya akan mengupas satu per satu fitur dan spesifikasi yang dia tawarkan.

Keunggulan Chipset 4nm Dimensity 9000 5G

Dimensity 9000 5G dibekali pengaturan CPU octa-core, yang terdiri dari 1x Arm Cortex-X2 core dengan clock 3GHz, 3x Arm Cortex-A710 core dengan clock 2,85GHz, dan 4x efisiensi Arm Cortex-A510 core.

Lebih lanjut, Dimensity 9000 5G mengadopsi desain CPU dan GPU yang berdasarkan arsitektur ArmV9 terbaru. Dia adalah penerus dari Armv8 yang menjanjikan peningkatan keamanan dan kinerja.

Sumber : MediaTek

Nah menariknya lagi, Dimensity 9000 5G adalah chipset pertama yang menampilkan Cortex-X2, inti CPU yang paling kuat dari Arm.

Kalau dari segi grafis dan gaming, chipset ini menggunakan GPU Arm Mali-G710, yang menjanjikan peningkatan kinerja 20% dari pendahulunya. GPU ini juga diklaim mampu menggerakkan layar FullHD+ pada refresh rate 180Hz.

MediaTek juga turut mengenalkan raytracing SDK. Raytracing ini bisa dimanfaatkan oleh developer game untuk menambahkan teknik grafis baru ke permainan Android bikinan mereka.

Dalam hal imaging, chipset ini menggunakan ISP HDR 18-bit. ISP ini bisa merekam video 4K HDR secara bersamaan dari tiga kamera. ISP ini juga mempunyai mode malam video yang disebut ‘Super Night Video Recording’ serta mendukung sensor 320MP pertama di dunia.

Di sisi lain, unit memrosesan AI generasi ke-5 di chipset ini juga diklaim jauh lebih hemat daya dari pada pendahulunya. Unit ini juga dapat mendukung berbagai fitur AI di kamera, game, aplikasi multimedia, dll.

Untuk kecepatan internet, chipset ini telah dibekali modem 5G terintegrasi. Modem ini menawarkan downlink hingga 7GBps, 3CC Carriers Aggregation (300MHz), dan kinerja uplink 300% lebih cepat.

Terakhir dari segi konektivitas. Chipset ini mendukung standar Bluetooth 5.3, Wi-Fi 6E 2×2, Wireless Stereo Audio dan juga dukungan Beidou III-B1 C GNSS.

Itu tadi fitur dan spesifikasi yang dimiliki Dimensity 9000 5G. Sampai sekarang baru itu yang diumumkan MediaTek. Mereka belum membeberkan kapan chipset ini akan debut di smartphone.

Sementara itu karena MediaTek sudah mengumumkan senjata pamungkasnya, sekarang kita hanya perlu menunggu rival abadinya, Qualcomm yang kabarnya bakal mengumumkan chipset flagshipSnapdragon 8 Gen 1” akhir November ini.

%d blogger menyukai ini: