Segera Rilis, MediaTek Dimensity 7000 akan Jadi Chipset 5nm Kelas Menengah

Indri Penulis

MediaTek rumornya akan meluncurkan chipset Dimensity 7000. Konon ia adalah chipset 5nm untuk ponsel kelas menengah.

Rival Qualcomm, MediaTek beberapa waktu lalu resmi meluncurkan chipset anyar Dimensity 9000. Dimensity 9000 adalah chipset flagship yang dibuat berdasarkan arsitektur 4nm.

Nggak berselang lama setelah chipset flagship itu meluncur, MediaTek langsung diterpa gosip lain. Dengar-dengar mereka bakal meluncurkan chipset Dimensity 7000 dalam waktu dekat.

Chipset MediaTek Dimensity 7000 disebut-sebut akan lebih terjangkau dibanding Dimensity 9000. Nggak cuma itu, chipset ini kabarnya dibikin berdasarkan proses TSMC 5nm FinFET.

Bocoran soal Dimensity 7000 nggak cuma itu saja. Chipset ini gosipnya akan memiliki dua cluster yang masing-masing terdiri dari empat core (satu berjalan pada 2.75GHz, sedangkan yang lainnya pada 2.0GHz).

Sumber : Weibo

Sementara itu, empat core yang didedikasikan untuk performa akan dibuat berdasarkan Cortex-A78. Sementara empat core lainnya diatur untuk efisiensi dan dibikin berdasarkan Cortex-A55.

Kalau dipikir-pikir, penyelarasan CPU seperti itu mirip banget dengan yang ada di Dimensity 1200. Cuma bedanya keempat unit core Cortex-A78 akan memiliki kecepatan clock yang sama, sedangkan Dimensity 1200 memiliki pengaturan 1+3+4.

Jika tadi masalah performa dan efisiensi sudah dibahas, lalu bagaimana dengan bocoran grafisnya? Konon urusan grafis akan ditangani oleh GPU Mali-G510 MC6. Sebenarnya GPU ini sudah diumumkan ARM sejak awal 2021 lalu. Cuma baru kali ini GPU tersebut akan benar-benar diimplementasikan ke chipset smartphone.

Jujur sampai sekarang belum ada konfirmasi resmi dari MediaTek. Tapi berbagai pihak memprediksi kalau chipset ini bakal diperuntukkan untuk ponsel kelas menengah. Selain itu chipset ini kabarnya akan diumumkan dalam waktu dekat, dan ponsel yang menggunakannya akan tiba pada awal Q1 2022.

    %d blogger menyukai ini: