Nama Chipset “M1 Pro” dan “M1 Max” Muncul Jelang Apple Event

chipset apple baru untuk mac m1

Pada tanggal 19 Oktober 2021 pukul 00:00 WIB, Apple akan mengadakan acara kedua di tahun ini. Menjelang Apple Event tersebut, muncul bocoran nama chipset “M1 Pro” dan “M1 Max”.

Untuk yang belum tahu, M1 merupakan nama chipset berbasis Arm rancangan Apple. Chipset ini sudah ada di beberapa perangkat, seperti MacBook Air 13, MacBook Pro 13, Mac Mini, dan iMac baru. Chipset Apple Silicon ini pun sudah menghebohkan dunia komputer dengan munculnya berbagai benchmark performa.

Menyusul rilis M1 itu, sebelum ini pun sudah muncul rumor soal versi chipset untuk perangkat yang lebih powerful. Rumor saat itu menyebutkan nama kode “M1X“. Tapi kini muncul rumor baru yang lebih detil.

Mark Gurman dari Bloomberg memberi bocoran itu dalam podcast-nya. Ia mengatakan kalau seorang pengembang menyebut bahwa dalam catatan (app logs) muncul nama chipset “M1 Pro” dan “M1 Max”, beserta informasi soal resolusi layar untuk MacBook Pro baru.

The aforementioned developer tells me that new MacBook Pro chips have appeared in logs under the names “M1 Pro” and “M1 Max.” I’m not saying Apple will take that direction with its actual marketing names, but that’s another—albeit more confusing—possibility. We’ll know for sure in just about 24 hours.

Mark Gurman, Bloomberg

Ini cukup menarik. Embel-embel “Pro” dan “Max” biasanya menempel pada produk iPhone. Sementara untuk chipset, Apple biasanya menambah huruf “X” atau “Z” di belakang namanya. Misalnya chipset A12X untuk iPad Pro yang dikembangkan berdasar A12 di iPhone XS.

Jadi nama chipset “M1 Pro” dan “M1 Max” itu berbeda dengan pola yang Apple terapkan. Walau… yah, perubahan memang bisa saja terjadi.

Chipset Apple Silicon baru ini disebut memiliki konfigurasi CPU 10-core, dengan delapan core untuk pemakaian performa tinggi, dan dua untuk efisiensi. Selain itu, Apple juga disebut akan memasang GPU dengan 16 dan 32 core.

Yah, seperti yang Mark Gurman katakan, kita akan tahu kebenarannya sebentar lagi.

%d blogger menyukai ini: