Anggap CAPTCHA Kurang Efisien, Cloudflare Tawarkan Cara Lain

captcha

Kamu yang sering menelusuri jagat internet pasti pernah bertemu dengan yang namanya CAPTCHA sebagai salah satu sistem keamanan. Namun ternyata Cloudflare menganggap CAPTCHA kurang efisien dan berniat menggantinya dengan cara verifikasi lain.

CAPTCHA merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart dan—seperti kepanjangannya—menjadi salah satu cara verifikasi yang membedakan manusia dengan mesin (bot).

Ketika bertemu dengan verifikasi CAPTCHA, kamu harus mengetik huruf dan angka yang muncul di layar atau memilih gambar sesuai yang diminta. Respon yang kamu masukkan secara manual inilah yang membedakan dengan bot.

CAPTCHA Kurang Efisien

Melalui artikel di blog resmi, Cloudflare menyebutkan kalau seseorang menghabiskan waktu rata-rata 32 detik untuk meenyelesaikan CAPTCHA. Dengan pengguna internet sejumlah 4,6 milyar di dunia dan asumsi tiap orang memecahkan satu CAPTCHA tiap 10 hari, waktu yang “dibuang” senilai dengan 500 tahun!

Selain membuang waktu, Cloudflare juga menyebutkan kalau sistem keamanan ini punya kelemahan dari sisi operasional dan kultural.

tes CAPTCHA pilih taksi

Seorang yang memiliki kekurangan pada penglihatannya tidak akan bisa memecahkan CAPTCHA dengan mudah. Lalu ada perbedaan di berbagai negara, seperti taksi warna kuning di New York dan warna hitam di London.

Cloudflare juga menunjukkan bahwa sebenarnya World Wide Web Consortium (W3C) sudah menyatakan kalau CAPTCHA tidak memiliki aksesibilitas yang baik.

Penawaran Cloudflare

Cloudflare sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang infrastruktur dan keamanan internet. Kamu mungkin sudah mengenalnya melalui DNS 1.1.1.1.

Cloudflare menawarkan cara verifikasi lain menggunakan modul keamanan yang ada di sebuah perangkat. Dalam tiap perangkat sebenarnya sudah ada modul keamanan bawaan dari dari pihak manufaktur yang menyimpan sertifikat digital rahasia.

Modul itu bisa memberikan verifikasi soal kepemilikan sertifikat digital tanpa memberikan informasi detil di dalamnya (jadi tetap rahasia). Inilah yang Cloudflare pastikan sebagai sarana verifikasi.

Cara Cloudflare ini memang masih berupa penawaran. Jadi belum tentu akan menjadi cara verifikasi baru. Namun, ini cukup menarik. Google sendiri menggunakan verifikasi lewat otentikasi di smartphone jika kamu mengaktifkan 2FA.

Kalau kamu tertarik membaca penjelasan teknis Cloudflare soal alternatif CAPTCHA ini, kamu bisa mengunjungi blog resmi.

%d blogger menyukai ini: