Controller Terancam Punah dengan Hadirnya Oculus Quest VR

Apa kalian salah satu pecinta controller? Jika iya, maka siap-siaplah, sebab controller akan tergantikan dengan Oculus Quest VR.

Beberapa waktu lalu CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan hal penting di konferensi Oculus Connect 6 2019. Konferensi ini dilakukan di San Jose, California, 25 September 2019.

Zuckerberg mengumumkan akan ada perubahan cukup signifikan terhadap Oculus Quest VR. Kita ketahui, Oculus Quest adalah headset nirkabel yang menggunakan teknologi VR dalam pemakaiannya.

Zuckerberg mengungkapkan, headset VR ini akan mendapat pelacak tangan (hand tracking). Pembaruan ini akan diberlakukan mulai tahun 2020.

Apa Dampak Update Oculus Quest VR ke Controller?

Pihak Facebook mengungkapkan bahwa mereka telah membuat controller sentuh. Produk tersebut adalah sebuah inovasi baru, khususnya dalam industri game.

Selama ini gamer menggunakan controller untuk bermain game. Penggunakan controller fisik tersebut memanfaatkan kelihaian tangan dalam mengutak-atik tombol.

Zuckerberg ingin menggunakan tangan secara langsung sebagai controller. Alih-alih memencet tombol controller seperti yang selama ini dilakukan banyak orang.

Tidak ada controller, tidak ada tombol, tidak ada sensor eksternal. Yang ada hanya full range dari gerakan tangan kalian,” ungkap Zuckerberg.

Bisa dibilang, Oculus saat ini berupaya memperluas pengguna VR. Selain itu, produk ini seolah-olah ingin menyempurnakan kekurangan dari perangkat fisik.

Oculus akan menghilangkan penggunaan kabel pada controller. Selain itu, item VR ini juga dapat memenuhi kebutuhan PC kelas atas.

Kehadiran Oculus seolah-olah membawa angin segar banyak gamer. Namun bagi pecinta controller, hal ini mungkin agak disesalkan.

Meski begitu, keberadaan controller tidak langsung terancam. Sebab saat ini masih banyak game yang membutuhkan controller fisik.

Teknologi hand tracking memungkinkan permainan menjadi lebih nyata. Sayangnya, fitur ini mungkin hanya bisa digunakan pada game-game tertentu.

%d blogger menyukai ini: