Dulu Smartwatch, Kini Corning Gorilla Glass DX | DX+ Hadir Buat Kamera HP

Corning resmi umumkan  Gorilla Glass DX dan DX+ akan hadir buat lensa kamera HP. Sebelumnya, mereka hanya ditujukan untuk smartwatch.

Nama Corning Gorilla Glass DX dan DX+ mungkin sudah nggak asing buat sebagian orang. Ya, nggak heran. Sebab mereka berdua memang sudah pernah diumumkan di tahun 2018 lalu. Hanya saja, dulunya mereka berdua hanya dirancang untuk melindungi bodi smartwatch agar tahan gores.

Tapi baru-baru ini, Corning mengonfirmasi kalau mereka akan membawa Gorilla Glass DX dan DX+ ke smartphone. Bukan untuk melindungi layar atau bodi belakang smartphone, Glass DX dan DX+ akan fokus melindungi lensa kamera belakang smartphone.

Rupanya ada alasan khusus kenapa Corning akhirnya mau membawa DX dan DX+ ke ranah smartphone. Mereka mengatakan kalau beralih ke penutup lensa kamera smartphone terasa ‘jauh lebih menantang.’

Sebab selain melindungi lensa dari goresan, mereka harus membuat banyak cahaya agar tetap bisa tembus ke lensa. Jangan sampai lapisan pelindung DX dan DX+ justru menghalangi cahaya masuk ke lensa (jadi punya tantangan kualitas double deh).

Dilansir dari situs Wires, Gorilla Glass DX dan DX+ bakal membiarkan 98% cahaya masuk ke lensa, sambil tetap menyajikan lapisan tahan gores (sama seperti Gorilla Glass pada umumnya).

Sebagai perbandingannya, Corning mengklaim kalau penutup lensa bikinan mereka jauh lebih canggih dibanding lapisan anti-reflektif biasa. Sebab lapisan anti-reflektif biasa hanya membiarkan 95% cahaya masuk, sedangkan DX dan DX+ bisa membiarkan sampai 98% cahaya masuk.

Selain itu Corning juga mengatakan kalau pemakaian penutup lensa DX dan DX+ bakal berdampak positif buat ponsel. Mereka berdua bisa tetap memaksimalkan jumlah cahaya yang masuk, sambil mengurangi pantulan dan silau yang ditimbulkan cahaya. Membuat kinerja kamera smartphone jadi lebih baik.

Sayangnya Corning belum mengumumkan ponsel apa yang bakal memakai Gorilla Glass DX dan DX+. Tapi Corning sempat membocorkan kalau Samsung sudah masuk dalam daftar perusahaan pertama yang bakal memakai penutup lensa baru ini.

Nah bicara soal Samsung, tanggal 11 Agustus nanti mereka bakal mengumumkan jajaran ponsel lipat terbarunya. Mungkin nggak sih kalau Gorilla Glass DX dan DX+ bakal debut di salah satu ponsel anyar Samsung?

Gimana menurutmu sob?

%d blogger menyukai ini: