Daftar 5 Film Animasi ‘Asli Buatan Anak Bangsa’ yang Wajib Ditonton

Bicara mengenai film animasi, memang akan selalu diminati oleh pononton di seluruh dunia, dan tidak terkecuali Indonesia. Terbukti dengan film animasi Hollywood karya Disney maupun Pixar.

Selain itu, masih ada film animasi dari Jepang seperti One Piece, Naruto, Doraemon, hingga film animasi Upin & Ipin dari Malaysia, selalu mendapat tempat tersendiri di hati penggemar Indonesia.

Namun bukan hanya beberapa negara di atas saja yang mempunyai deretan film animasi bagus. Indonesia sendiri sebenarnya juga mempunyai karya berupa film animai.

Bisa dikatakan jika, film animasi karya anak bangsa tidak kalah menarik dengan film animasi mancanegara. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya film animasi tersebut patut kita dukung dan apresiasi.

Lalu, kira-kira apa saja film animasi karya asli anak Indonesia? Berikut 5 daftar film animasi asli Indonesia:

Pada Suatu Ketika

Sumber Gambar : Youtube

Ini merupakan judul film animasi buatan anak bangsa, lebih tepatnya karya Lakon Animasi. Film animasi tersebut ditayangkan dalam durasi pendek di tahun 2011.

Dengan dibuat berdasarkan kisah kehidupan sehari-hari masyarakat di tanah air. Dimulai dari pemukiman pada penduduk, pasar, dan beragam peristiwa yang ada di dalamnya.

Bukan hanya itu saja, film animasi ini juga turut menyelipkan konsep yang unik. Dimana ada beragam transportasi umum seperti bus, bajaj, dan kopaja yang mempunyai kemampuan berubah menjadi robot. Sekilas ide tersebut mirip dengan Transformer.

Pada Suatu Ketika tidak hanya menuai kesuksesan di tanah air saja. Namun telah mendapat banyak review positif di kancah Internasional.

Uwa dan Rimba Indonesia

Sumber Gambar : Youtube

Ini merupakan film animasi lokal yang paling direkomendasikan untuk anak-anak. Film dengan tema edukasi ini mengisahkan tiga satwa asli Indonesia yang hampir punah. Hewan-hewan tersebut antara lain Harimau Sumatera, Badak Cula Satu dan Orang Utan.

Tidak hanya memberikan edukasi berupa flora dan fauna di Indonesia, namun film animasi ini juga mempunyai cerita yang menghibur, serta terdapat banyak pesan moral yang dapat diambil.

[irp posts=”47005″ name=”9 Film Pendek Animasi Buatan Pixar Terbaik”]

Meraih Mimpi

Sumber Gambar : Indonesian Film Center

Meraih Mimpi merupakan film animasi musikal yang tayang pada tahun 2009. Film animasi tersebut sebenarnya merupakan versi lokalisasi dari film Sing to the Dawn, yang rilis di Singapura tahun 2008.

Digawangi Gitu Gutawa sebagai salah satu pengisi suara di dalamnya, film animasi 3D ini merupakan yang pertama tayang di layar lebar.

Film animasi ini bercerita tentang perjuangan Dana (Gita Gutawa) bersama keluarga desa, yang berjuang mempertahankan desa dari ancaman Pairot (Surya Saputra). Pairot ingin menggusur desa, dan mengubahnya menjadi hotel ala Las Vegas.

Kuku Rock You

Sumber Gambar : Youtube

Kuku Rock You merupakan film animasi lokal yang lucu dan ringan. Film animasi tersebut mengisahkan seekor ayam yang sangat menyukai musik Rock.

Ayam yang ada dalam Kuku Rock You dikisahkan, sering membangunkan ayam-ayam lain dengan suara yang khas rocker.

Dengan mengangkat kisah sehari-hari yang dibumbui komedi ringan, Kuku Rock You cocok ditonton sebagai hiburan keluarga di rumah.

Battle of Surabaya

Sumber Gambar : Kaori Nusantara

Ini merupakan animasi lokal yang dulu sempat booming di tahun 2015. Karya MSV Picture ini menyuguhkan kualitas grafis yang terlihat memukau, dan syarat akan pesan moral mengenai perdamaian dan cinta tanah air.

Film animasi ini menceritakan seorang pemuda bernama Musa. Musa bekerja sebagai tukang semir sepatu dan kurir bagi pejuang di Surabaya, ketika peristiwa 10 November 1945.

Battle of Surabaya begitu memukau banyak orang. Tidak heran bila film animasi tersebut menerima penghargaan dari International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013 dan INAICTA 2012.

Walaupun hanya sebuah kisah fiksi, namun Battle of Surabaya juga banyak menampilkan pahlawan-pahlawan nasional di dalamnya.

Itulah 5 daftar film animasi karya anak bangsa. Tidak kalah dengan animasi mancanegara bukan?

Kita patut bangga dan memberikan apresiasi terhadap film animasi lokal. Supaya kedepan, lahir lagi film-film animasi Indonesia yang semakin baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: