Deretan Video YouTube dengan Dislike Terbanyak di Tahun 2019

Di tahun 2019, YouTube telah diwarnai oleh beragam jenis video. Selain video dengan like terbanyak, ada pula video YouTube dengan dislike terbanyak di tahun 2019.

Apa yang kalian perhatian dari sebuah video di YouTube? Tentu selain kontennya, hal lain yang menarik untuk diperhatikan adalah jumlah viewers, like dan juga dislike dari video tersebut.

Selama tahun 2019, ada jutaan video yang diunggah ke YouTube. Masing-masing video tentu mendapatkan jumlah like dan dislike yang berbeda.

Bicara soal dislike, tentu kalian sudah paham fungsi dari fitur ini. Yup, dislike digunakan sebagai penanda bahwa video tersebut tidak disukai oleh orang tertentu.

Nah, kali ini saya telah merangkum video YouTube dengan dislike terbanyak di tahun 2019. Beberapa video ini tidak hanya pula banyak dislike, tapi di sisi lain video tersebut juga disukai oleh banyak orang.

Video YouTube dengan Dislike Terbanyak 2019

YouTube Rewind 2019: For the Record – YouTube

YouTube Rewind bisa dibilang sebagai tradisi tahunan YouTube. Video ini dirilis channel resmi YouTube menjelang akhir tahun.

Tahun ini, YouTube Rewind 2019 rilis pada tanggal 5 Desember 2019. YouTube Rewind sendiri berisi kumpulan video viral, acara, tren dan musik selama satu tahun.

Meski terlihat menarik, namun YouTube Rewind 2019 justru mendapat dislike mencapai 5,6 juta. Lalu kenapa YouTube Rewind 2019 bisa punya banyak dislike?

Salah satu alasannya karena tampilan video ini tidak sesuai ekspektasi. YouTube hanya mengemas cuplikan beberapa video viral, lalu dipadukan dalam satu musik.

Tati – James Charles

Buat yang belum tahu, James Charles adalah seorang beauty vlogger. Sebelum terkenal seperti sekarang, Charles dulu memiliki mentor bernama Tati Westbrook.

Tapi entah karena apa, Charles dan Tati berseteru. Setelah kejadian itu Charles mengkritik Tati lewat video. Video tersebut Charles unggah ke YouTube tanggal 10 Mei 2019.

Ironisnya, video tersebut mendapat banyak hujatan dan mengurangi jumlah subscriber James. Tidak hanya itu, video tersebut mendapat dislike sebanyak 3,2 juta.

Setelah menimbulkan kontroversi, akhirnya Charles menghapus video itu dari channel-nya. Charles lalu membuat video permintaan maaf sekaligus klarifikasi tentang apa yang dia katakan kepada Tati.

We Believe: The Best Men Can Be – Gilette

Sebenarnya ini adalah iklan Gilette yang baru rilis tahun 2019. Video bertajuk ‘The Best Men Can Be’ ini rilis di YouTube pada tanggal 13 Januari 2019.

Video iklan tersebut rupanya mengundang banyak kontroversi. Di sini Gilette bermaksud ingin mengatasi ‘toxic masculinity.’

Hal yang membuat video ini kontroversi adalah adegan di dalamnya. Di dalam video tersebut, ada berbagai contoh penindasan, pelecehan seksual, hingga penganiayaan antara pria dan pria.

Video ini pun langsung menuai kecaman dari berbagai pihak. Selain itu, video ini memperoleh dislike sebanyak 1,5 juta di YouTube.

Москва – Timati featuring Guf

Москва adalah music video (MV) bergenre rap. Lagu ini dinyanyikan oleh artis hip hop asal Rusia, Timati dan Guf. МV Москва rilis di YouTube pada tanggal 7 September 2019.

Video ini mengundang kontroversi sehingga tidak disukai penonton. Sampai saya menulis artikel ini, Москва telah memperoleh dislike sebanyak 1,48 juta.

Lalu apa yang membuat video ini tidak disukai? Sebab lagu ini memuji Moskow beserta rezimnya, mengejek demonstrasi anti-pemerintah, dan mendukung LGBT.

Layaknya kasus James Charles, video kontroversial ini kemudian dihapus. Tapi sepertinya, Timati dan Guf merilis  remake MV Москва yang bebas kontroversi.

Itulah beberapa video YouTube dengan dislike terbanyak. Bagaimana menurut kalian? Sudah kah kalian menonton salah satu video di atas?

%d blogger menyukai ini: