Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Desain Baru YouTube TV Rilis, Suguhkan Tampilan Memukau dan Menyegarkan!

desain baru youtube tv
Gambar Oleh: All Connect
Indri Penulis

Desain baru YouTube TV udah keluar nih! Penasaran seperti apa desainnya? Kamu bisa pantau ulasan yang satu ini sampai selesai.

Siapa nih yang udah nggak asing sama YouTube TV? Yap, YouTube TV adalah layanan streaming live TV besutan YouTube. Layanan ini menyajikan berbagai konten yang nggak kalah dari jaringan TV kabel tradisional.

Selama bertahun-tahun YouTube TV telah menggunakan desain yang sama. Kini sudah saatnya pengguna menatap wajah baru YouTube TV.

Dalam salah satu postingan terbaru YouTube Blog, YouTube TV sekarang punya desain baru. Kira-kira seperti apa desain baru YouTube TV? Mari kita lihat.

Desain Baru YouTube TV Bawa ‘Angin Segar’ Buat Pengguna

Jadi desain baru YouTube TV kali ini menganut konsep ‘TV Made for You.’ Sesuai konsepnya, desain YouTube TV saat ini dibuat agar bisa sesuai dengan selera masing-masing pengguna.

Sebelum bikin desain baru, YouTube TV melakukan riset. Hasilnya, ternyata Live dan Library adalah halaman yang paling banyak dipakai pengguna. Maka dari itu, YouTube TV fokus untuk meningkatkan fitur tersebut.

desain baru youtube tv
Tampilan Live – Gambar Oleh: YouTube Blog

Kita mulai dari halaman Live terlebih dulu ya. Sekarang YouTube TV punya status baru yang disorot di bagian atas panduan langsung. Dengan adanya status ini, pengguna bisa mengonfirmasi kalau mereka benar-benar nonton program yang tepat.

Sedangkan untuk Library, YouTube TV mengenalkan turut hierarki visual. Tampilan ini mempermudah penonton mengelompokkan beberapa konten, sekaligus membuat Library biar nggak berantakan.

desain baru youtube tv
Library Before & After – Gambar Oleh: YouTube Blog

Biar halaman Library makin rapi dan efisien, YouTube TV sekarang juga telah menerapkan fitur filter. Ada juga fitur ‘Catch up on your favorites,’ agar pengguna bisa menentukan konten terbaru dan yang paling relevan untuk mereka.

Baca Juga:  What? Streaming Video YouTube 4K Bakal Wajib Bayar!

Di sisi lain, YouTube TV juga merancang panel samping di halaman Live dan Library. Panel ini menawarkan pintasan perintah (seperti ‘Add to Library,’ dengan ‘Set Reminder’). Dengan panel ini, pengguna bisa menekan shortcut perintah, tanpa perlu meninggalkan konten yang sedang ditonton.

Lebih lanjut, YouTube janji kalau perubahan ini baru permulaan saja. Mereka berjanji akan terus mengembangkan desain agar terlihat makin sempurna.

YouTube juga bakal menghadirkan lebih banyak fitur dan desain baru ke YouTube TV. Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk beralih antara profil pengguna dengan mudah. Tujuannya biar layanan tersebut lebih fleksibel dan juga interaktif untuk pengguna.

Yap langkah yang diambil YouTube untuk YouTube TV saya rasa sangat tepat. Seperti yang kita tahu, persaingan antar layanan streaming makin ketat.

Netflix saja yang jadi raksasa streaming baru-baru ini juga bikin tampilan baru ke platform-nya. Yah, salah satu tujuannya jelas nggak cuma untuk memperbarui tampilan dan fiturnya. Tapi juga untuk mempertahankan pelanggan biar nggak bosan dengan tampilan yang itu-itu aja.

Saya rasa, ini jugalah yang sekarang tengah dilakukan YouTube TV. Gimana menurutmu?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]