Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Di Cina Menggunakan iPhone Dianggap Memalukan

Setelah dihebohkan dengan kabar Huawei yang di blacklist di AS, nampaknya Cina tak tinggal diam dengan tindakan tersebut. Sekarang, memakai iPhone di Cina dianggap memalukan. Media lokal Cina mulai ramai menyuarakan berita tersebut.

Berbagai komentar muncul di situs Weibo. Di sana terlihat dengan jelas bahwa rakyat Cina lebih mengunggulkan Huawei dibanding Apple. “Era 5G telah tiba. Huawei punya teknologi yang jauh lebih maju dari Apple,” begitu salah satu pendiri startup e-commerce di Cina menyuarakan pendapatnya.

Munculnya pendapat yang menjatuhkan citra Apple tentunya tidak mengherankan. Rasa nasionalisme orang Cina begitu kuat. Orang Cina bahkan rela melakukan apapun demi negaranya.

Beberapa orang yang menggunakan iPhone rela menukar ponsel kesayangan mereka demi menggunakan Huawei. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Melihat perlakuan AS terhadap Huawei, membuat orang-orang mantap meninggal iPhone.

Sumber Gambar : firstpost.com

Bahkan salah satu orang yang sangat fanatik dengan iPhone, turut mengganti iPhone 7 miliknya yang telah digunakan selama 3 tahun demi beralih menggunakan Huawei P30.

Jika semakin banyak orang yang melepas iPhone di Cina, maka hal itu bisa menurunkan penjualan iPhone. Padahal jumlah rakyat Cina sangat banyak dan potensial sebagai pangsa pasar.

Larangan perdagangan ekspor yang dilakukan pemerintah AS hanya akan mempengaruhi produk Huawei dalam jangka pendek. Namun dengan sentimen nasionalisme yang ada, penjualan produk Apple di Cina bisa terpengaruh dalam jangka lebih panjang.

Sumber Gambar : CNBC.com

Rasa sakit hati para konsumen terhadap produk AS, akan membuat rakyat Cina semakin cinta dengan Huawei. Hal ini tentu akan menimbulkan kendala dari keduanya.

Apple akan mengalami penurunan harga dan pendapatan yang cukup signifikan, sedangkan Huawei akan mengalami kendala peluncuran smartphone, karena baik pasokan perangkat lunak dan keras dibatasi.

Sampai saat ini, iPhone telah memangkas sebagian harga untuk menggaet kembali konsumen Cina, namun hal ini belum cukup berhasil untuk membuat konsumen menggunakan iPhone lagi.

Drama perang dagang antara Amerika dan Cina kelihatannya memang akan berbuntut panjang.

More Stories
musik di instagram stories
Fitur Musik di Instagram Story Jelas Bikin Lebih Asik