Dragalia Lost: Game RPG Dari Nintendo Ini Memang Layak Populer

game Dragalia Lost

Dragalia Lost adalah sebuah game action RPG dari Nintendo yang tersedia untuk Android dan iOS. Di tengah ramainya game battle royale, Dragalia Lost berhasil menarik perhatian pecinta game mobile.

Cerita Dragalia Lost

Cerita Dragalia Lost berlatar kerajaan Alberia. Di sana, tiap anggota keluarga kerajaan punya ikatan dengan naga dan bisa berubah bentuk menjadi naga tersebut. Suatu ketika, Holy Shard yang melindungi kerajaan itu melemah. Pangeran ke-7 yang belum punya ikatan dengan naga bertugas menyelamatkannya. Tokoh inilah yang kita mainkan.

Instalasi Game

Nintendo merilis Dragalia Lost sebagai game Free to Play pada bulan September 2018 di beberapa negara tertentu. Sejauh ini, untuk Android Indonesia belum termasuk di antaranya. Jadi, saya mencoba game ini di ponsel ASUS Zenfone Max Pro M1 yang saya pakai dengan APK. Bukan dari Play Store.

Di Android, game ini memiliki paket unduhan awal sebesar 85MB. Namun setelah itu ada paket unduhan tambahan lain. Saat ini, total ukuran file Dragalia Lost yang ada di ponsel saya adalah sekitar 3,14GB.

dragalia lost download

Ukuran itu pun sudah bukan ukuran aslinya. Pada dasarnya, game ini akan mengunduh konten pada tiap bab. Tapi kamu bisa mengunduh semuanya sekaligus dengan batch download. Walu begitu, saya tidak mengunduh konten suara supaya ukuran lebih kecil.

Jadi, kalau kamu mau main Dragalia Lost, siapkan memori yang cukup lowong di ponselmu.

Gameplay Dragalia Lost

Seperti game JRPG pada umumnya, Dragalia Lost memberi porsi cukup besar di sisi cerita. Beberapa subchapter hanya berupa cerita. Biasanya pengantar untuk petualangan selanjutnya. Selain itu, tiap karakter dan naga juga punya cerita sendiri.

Kadang saya merasa unsur cerita terlalu banyak. Jujur, tidak sedikit pula yang saya lewati. Untungnya walau dilewati kita masih dapat bonus.

dragalia lost story

Di game ini kamu juga akan menemukan mekanisme game gatcha. Seperti membuat tim dan upgrade hero, banyak loot boxes, memanfaatkan sumber daya (stamina dan Getherwings), memperhitungkan nilai tukar (Wyrmite, Mana, Rupies, Eldwater, dan Diamantium), upgrade senjata dan armor, berinteraksi dengan naga, membangun kastil, dll.

Di sisi lain, game ini merupakan action RPG. Maka pertarungannya memiliki bentuk hack n slash. Lalu kamu juga bisa berubah jadi naga kalau diperlukan. Menurut saya, bagian petualangan dan pertarungan ini menyenangkan dan seru dimainkan. Sayangnya, kebanyakan perjalanan terlalu pendek.

dragalia lost battle

Kemudian, petualangan dan pertarungan dalam game dilakukan oleh tim yang terdiri dari beberapa hero. Kamu hanya mengontrol satu hero, sementara lainnya mengikuti. Yang menarik, kita bisa mengajak pemain lain, baik waktu bermain solo (tidak langsung) atau co-op (membentuk room atau bergabung dengan room pemain lain). Fitur ini menurut saya merupakan tambahan yang cukup manis.

Kalau ada yang menyebalkan, menurut saya hal itu adalah banyaknya loading di antara segmen atau bahkan antar halaman (misal dari upgrade hero ke kastil). Yah, yang seperti ini memang wajar hadir di game sejenis. Tetap saja saya merasa sedikit terganggu.

Kontrol

Seperti kamu lihat, format layar permainan Dragalia Lost adalah vertikal. Sedangkan kontrolnya menggunakan gestur tap dan swipe. Jadi untuk mengontrol gerakan dan pertempuran model hack n slash seperti ini, kontrolnya mudah digunakan. Bahkan bisa dimainkan dengan satu tangan.

Walau rancangan kontrol ini cukup mudah, namun masih ada yang sedikit mengganjal. Salah satunya adalah Force Strike yang dilakukan dengan menahan jari di layar. Kadang gestur itu sering kurang tepat.

dragalia lost movement

Audio Visual

Secara keseluruhan, desain artistik Dragalia Lost memang keren. Terutama desain 3D di dalam petualangan. Ilustrasi yang menemani cerita (terutama yang 2D bergaya anime) juga bagus.

Namun, terus terang saya kurang suka dengan desain tampilan (UI) di halaman Home dan lain-lain. Yah, lagi-lagi, bentuk desain seperti ini sering kita temukan di jenis game ini. Menurut saya terlalu ramai.

dragalia lost menu

Tapi kalau mau sedikit rewel, Knight of Fury punya desain tombol dan tampilan item yang lebih rapi dan enak dilihat. Bukan masalah gaya desain (Jepang vs barat), tapi lebih ke kerapian desain.

Nah, dari sisi audio, kalau kamu suka lagu-lagu pop Jepang, kamu pasti suka dengan game ini. Karena Dragalia Lost memiliki lagu latar yang bagus. Hm, sudah ada yang mengumpulkan soundtrack-nya di Spotify.

[wp-review id=”66990″]