Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Dukungan Microsoft Teams Adobe Acrobat Resmi Diperbarui, Bisa Utak-Atik File PDF Langsung di Teams!

microsoft teams adobe acrobat
Sumber: Adobe
Indri Penulis

Dukungan Microsoft Teams Adobe Acrobat resmi diperbaru. Sekarang pengguna bisa mengutak-atik file PDF tanpa perlu pindah aplikasi.

Microsoft Teams adalah salah satu aplikasi produktivitas terpopuler di dunia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi besutan Microsoft tersebut.

Di Teams kamu bisa chat atau melakukan panggilan personal/grup dengan rekan kerja. Kamu juga bisa berbagi tugas, memantau progres pengerjaan oleh sesama rekan kerja, dll.

Selain itu Microsoft Teams juga menyajikan berbagai dukungan aplikasi tambahan ke dalam platform-nya. Salah satunya dukungan Adobe Acrobat, yakni lewat aplikasi bernama Acrobat for Teams.

Baru-baru ini Microsoft resmi menghadirkan pembaruan ke dukungan Microsoft Teams Adobe Acrobat. Nah kira-kira apa saja yang baru? Yuk, kita lihat.

Update Microsoft Teams Adobe Acrobat Lebih Produktif

Pembaruan terhadap dukungan Microsoft Teams Adobe Acrobat diharapkan bisa bikin pengguna makin produktif. Soalnya pembaruan ini bakal mempermudah proses berbagi dan mengerjakan file PDF langsung dari Microsoft Teams.

Sebenarnya tanpa pembaruan pun, Acrobat for Teams punya cara kerja yang mirip dengan versi standalone-nya. Pengguna bisa melihat, mengompresi, mengatur, mengekspor dan mengomentasi PDF seperti biasa.

microsoft teams adobe acrobat
Sumber: Microsoft

Cuma bedanya, sekarang pengguna bisa melakukan semua itu ‘langsung dari aplikasi Teams.’ Artinya, pengguna nggak perlu repot-repot pindah aplikasi seperti sebelumnya.

Sekarang pengguna bisa aplikasi Adobe Acrobat sebagai opsi default saat membuka file PDF. Dengan begitu, file tersebut akan selalu terbuka secara instan di aplikasi Acrobat di dalam Teams.

Karena dokumen bisa dibagikan dan dibuka di aplikasi yang sama, produktivitas kerja bakal lebih efisien. Bahkan aktivitas kolaborasi dijamin bakal lebih mudah.

Pembaruan kali ini tidak berhenti sampai di situ lho. Acrobat for Teams kini juga mendukung fitur komentar. Jadi pengguna kini bisa meninggalkan komentar pada file DPF, mengekspornya dengan format berbeda, menambah atau menghapus halaman PDF, dll.

microsoft teams adobe acrobat
Sumber: Adobe

Tapi ada yang perlu kamu tahu. Kemampuan untuk melihat dan mengomentari PDF mungkin bisa dinikmati secara gratis. Tapi fitur-fitur yang lebih canggih membutuhkan akun Adobe Acrobat Standard atau Pro.

Baca Juga:  Resmi! Aplikasi Office Jadi Microsoft 365, Apa Aja yang Beda?

Satu lagi pembaruan yang nggak kalah seru. Jadi sekarang Microsoft Teams telah menghadirkan sistem keamanan yang lebih canggih untuk melindungi datanya.

Kini setiap dokumen yang diunggah melalui Teams hanya disimpan di server wilayah Adobe Creative Cloud selama 24 jam. Sedangkan versi final setelah revisi akan disimpan di server asli OneDrive atau SharePoint asalnya.

Terakhir, untuk memakai aplikasi Adobe Acrobat, admin harus mengaktifkan aplikasi dengan pusat admin Teams lebih dulu. Kalau aplikasi Acrobat for Teams tidak diaktifkan lebih dulu, maka pengguna yang lain nggak bakal bisa mengaksesnya.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]