Edit Foto di Aplikasi Google Photos Kini Lebih Gampang

editor foto google photos

Bersama smartphone Pixel 5, Google juga mengumumkan fitur baru untuk aplikasi Google Photos, yaitu tampilan edit foto baru. Apa yang perlu kita ketahui soal ini?

Google Photos merupakan aplikasi galeri foto dan video yang menarik. Selain terhubung dengan cloud dan membuatmu bisa melihat koleksi foto di mana saja dan kapan saja, Google Photos juga punya fitur menarik lain. Salah satunya punya editor foto.

Google memperbarui tampilan editor foto sehingga lebih menarik dan lebih mudah kamu pakai. Di samping itu, ada beberapa fitur lain yang tidak kalah menarik.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu ketika edit foto di Google Photos.

Gunakan Saran Edit Foto

Google Photos sudah punya fitur saran edit foto. Kini ada tampilan baru dengan tombol pilihan yang besar dan mudah ditekan. Pada umumnya, pilihan itu adalah ‘Sempurnakan’ (Enhance), ‘Hangat’ (Warm), dan ‘Dingin’ (Cool).

Kalau melihat apa yang Google presentasikan, kelihatannya ponsel Pixel memiliki saran yang berbeda (atau lebih canggih). Misalnya ada pilihan potret hitam putih dan Color Pop. Saya belum menemukan pilihan itu.

Manfaatkan Pangkas Foto Otomatis

Memangkas foto atau crop merupakan fitur standar editor. Di Google Photos, kini tampilannya juga lebih enak. Lalu ada pula fitur yang sangat membantu.

pangkas foto otomatis di google photos

Yang asik, kamu bisa menerapkan pangkas otomatis. Google Photos akan “meluruskan” posisi obyek di foto dengan potongan yang pas. Tapi kalau kamu mau, kamu masih bisa memotong foto sesuai keinginanmu. Apa pilihan rasio ukuran (ikon bingkai) dan kamu juga bisa meluruskan posisi foto sendiri (ikon 4 sudut).

Sesuaikan Foto dengan Berbagai Setelan

Fitur Penyesuaian (Adjustment) di Google Photos tidak kalah dengan aplikasi edit foto populer lain. Alatnya relatif lengkap. Paling tidak ada 3 kategori besar, yaitu pencahayaan, warna, dan efek.

Penyesuaian pencahayaan meliputi: Kecerahan, kontras, titik putih, highlight, bayangan, dan titik hitam. Lalu untuk penyesuaian warna, ada: Saturasi, warmth (hangat atau dingin), tambahkan tint (nuana warna lain), setelan rona kulit, dan setelan warna biru. Sementara untuk efek ada Pop (membuat obyek menonjol) dan vignette (gradasi hitam di sekeliling foto).

Cara mengaturnya pun mudah. Tekan salah satu tombol setelan, lalu geser skala garis-garis di bawah sampai gambar sesuai keinginanmu.

Bandingkan Hasil Edit dengan Aslinya

Nah, selama kamu mengedit foto, kamu masih juga bisa membandingkan hasil editmu dengan foto asli. Caranya mudah. Tekan bidang foto. Selama kamu tekan, Google Photos akan memberikan tampilan asli foto tersebut.

Ada Beda Fitur Dengan Pixel

Sayangnya, aplikasi Google Photos di smartphone Android lain kelihatannya memiliki fitur yang lebih terbatas dari versi yang hadir di smartphone Pixel milik Google.

Di atas sudah saya sebutkan kalau saran edit berbeda. Fitur lain yang berbeda adalah di Google Pixel, kamu bisa mengatur arah cahaya dan intensitasnya untuk foto potret. Ini kelihatannya terikat dengan fitur di Google Cam (saya belum tahu apakah berfungsi untuk Google Cam mod di ponsel Android lain).

Lalu, di bagian penyesuaian juga ada perbedaan. Di Google Photos untuk Pixel, terdapat pilihan Blur dan Color Focus sebelum bagian pencahayaan. Blur tentunya berfungsi untuk mengatur tingkat kekaburan latar. Sementara Color Focus untuk mengatur warna obyek.

Bisa kita maklumi, karena fitur edit ini merupakan bagian dari sistem AI Google Camera yang terintegrasi dengan sistem AI di Google Photos. Jadi ya seperti itu.

%d blogger menyukai ini: