Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Profil KOMINFO di Wikipedia Jadi Imbas Amukan Netizen, URRAAA !!

Profil KOMINFO di Wikipedia Jadi Imbas Amukan Para Netizen, URRAAA !!

30 Juli 2022 menjadi momen blokir massal tersadis yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tak lain adalah pemblokiran steam dkk, yang katanya karena mereka belum lapor PSE.

Ulah Kominfo tersebut membuat banyak kalangan merasa kaget dan geram. Walhasil, hujatan demi hujatan pun mulai bermunculan ke permukaan dunia maya.

popculture.id

Editan Profil Kominfo di Wikipedia

Di antara hujatan-hujatan tersebut, ada satu aksi yang boleh dibilang klasik di dunia internet, yakni perubahan pada profil kominfo di wikipedia.

Seperti kita tahu, Wikipedia adalah merupakan ensiklopedia multibahasa bebas terbesar berbasis online. Tentu di sana terdapat profil Kominfo.

Profil Kominfo itu pun menjadi wadah untuk menuang segala emosi jiwa itu (mungkin karena gabut tidak bisa ngegame kali ya). Selain berbagai keluhan, juga ada makian kasar yang berhubungan dengan bagian tubuh pria yang sangat spesifik di sana.

Pertarungan di Balik Layar

Tentu, jika kamu membuka halaman profil Kominfo di Wikipedia — jika tidak di saat yang tepat — semua akan terlihat normal. Tapi jika kamu lihat riwayat edit halaman, kamu akan menemukan hal menarik.

Pada halaman riwayat profil Kominfo, nampak ada pertarungan sengit antara para tukang edit yang merubah dengan moderator Wikipedia yang merevisi.

Pada tanggal 30 Juli 2022, riwayat perubahan halaman profil itu cukup ramai. Yah, tidak semuanya menampilkan sesuatu yang radikal. Tapi memang ada beberapa yang berisi makian seperti dua contoh tangkapan layar di atas.

Wikipedia Sebagai Wadah Protes

Memang kasus perubahan halaman Kominfo ini bukan yang pertama, dan pasti bukan yang terakhir. Sebagai ranah publik, halaman Wiki yang berisi rangkuman informasi itu memang sering jadi bahan keisengan warganet di seluruh dunia.

Di satu sisi, kritik seharusnya membangun, bukan mencaci. Apalagi di ranah publik untuk kepentingan edukasi. Di sisi lain, harus kita akui editan halaman Wikipedia ini memang sering kali lucu.

Jadi, gimana menurut kalian apa cara ini tepat? Btw, yang sabar ya, moderator Wikipedia.

    %d blogger menyukai ini: