Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Editor Video Clipchamp, Enak Buat Harian

Layaknya iMovie yang terdapat pada MacOS, editor video Clipchamp kini hadir menemani para pengguna Windows. Terlebih pada Windows 11, editor video ini sudah menjadi aplikasi bawaan yang akan secara otomatis ter-install.

Ini tentu memudahkan pengguna Windows. Karena kamu tidak perlu lagi mencari aplikasi edit video (kecuali kalau kamu seorang profesional di bidang ini). Bagaimanapun, Clipchamp sudah memadai soal sunting-menyunting.

Ada banyak fitur  ditawarkan oleh Clipchamp, yang sudah pasti akan memudahkan aktivitas edit video sehari-hari. Di antaranya adalah:

Editor Berbasis Web

clipchamp

Problem umum yang terdapat pada para editor video adalah banyaknya pilihan aplikasi, keterbatasan ruang penyimpanan, belum lagi spesifikasi laptop yang dibutuhkan aplikasi.

Kalau memang itu problemnya, maka Clipchamp adalah solusi yang bagus karena kamu bisa menggunakannya tanpa harus melalui aplikasi. Pada dasarnya Clipchamp adalah editor video berbasis web, jadi kamu bisa gunakan hanya melalui browser saja.

Tentu saja ini sangat efektif, terutama bagi kamu yang suka gonta ganti PC. Kamu cukup tinggal login akun Clipchamp ke browser laptop lain, dengan begitu kamu bisa lanjutkan project yang belum sempat kamu selesaikan.

Tapi harap kamu ingat. Untuk pakai Clipchamp kamu harus menggunakan browser Chrome atau Edge.

Template Variatif

Template

Ada banyak banget Template yang bisa kamu gunakan secara gratis di sini. Lalu yang membuatnya nyaman, kategorinya cukup spesifik. Mulai dari konten YouTube, slideshow, Instagram, dll.

Jadi misal kamu ingin mengedit sebuah video untuk Instagram, kamu tidak dibingungkan lagi dengan ukuran videonya, karena secara otomatis template-nya menyesuaikan dengan ukuran default pada instagram.

Stock Library Melimpah

Selain banyaknya variasi template yang memudahkanmu create atau editing, satu hal lagi yang menjadikan aplikasi ini menarik. Yakni stock library. Jadi kamu tidak perlu membuat manual foto atau video-video pendek tambahan untuk mempercantik hasil karyamu.

Baca Juga:  4 Cara Repair Windows 10 Tanpa Menghilangkan Data, Dijamin Ampuh!

Di stock library yang tersedia pada video editor Clipchamp, bisa kmau temukan foto, video, musik, dan font. Kamu tinggal pilih dari koleksi library yang sesuai dengan desain konsep videomu.

Support Record

recorder

Di samping mengedit video yang sudah kamu persiapkan, Clipchamp juga bisa kamu gunakan untuk mengambil rekaman langsung. Yang dimaksud di sini adalah merekam melalui webcam, merekam layar, dan bisa juga melakukan keduanya secara bersamaan.

Dengan begini, kamu bisa memanfaatkan fitur record Clipchamp untuk presentasi secara online, bahkan bisa juga memanfaatkan untuk membuat konten untuk YouTube.

Kalau kamu tidak mau isi laptop kamu diketahui oleh orang lain, jangan khawatir. Clipchamp menyediakan menu perekaman layar. Jadi kamu bisa memilih rekam seluruh layar, area tertentu, atau jendela aplikasinya saja. Tidak lupa, terdapat menu untuk audionya juga, apakah kamu membiarkannya on, atau membisukannya.

Mendukung Shortcut Keyboard

Kemudian fitur yang tidak kalah penting adalah mendukung shortcut keyboard. Ngomongin edit mengedit, fitur ini memang harus ada. Karena dalam proses editing tidak menutup kemungkinan banyaknya kesalahan.

Kamu tidak perlu bingung dengan tombol shortcut ini, karena banyak yang sudah cukup familiar dengan shortcut pada umumnya. Berikut adalah tabel shortcut-nya:


Demikianlah fitur-fitur penting yang membuat Editor Video Clipchamp sangat layak digunakan untuk daily activity. Jika kamu mencobanya, sepintas Clipchamp pasti akan mengingatkanmu pada Canva. Hanya saja konsentrasinya terdapat pada editing video.