Ekstensi Google Chrome iCloud Password Tersedia [UPDATE: Dibatalkan]

Kabar menarik bagi kamu pengguna perangkat Apple. Kini iCloud Password hadir sebagai ekstensi Google Chrome dan bisa juga digunakan di browser Microsoft Edge.

Sebelum ini sudah beredar kabar kalau browser Google Chrome akan mendapat ekstensi untuk iCloud Keychain. Dengan begitu, kamu bisa mengakses password yang tersimpan di perangkat Apple dengan lebih mudah di browser tersebut.

Kini ekstensi itu sudah hadir dengan nama iCloud Password.

Deskripsi yang tersedia menyatakan bahwa iCloud Password merupakan ekstensi Chrome untuk pengguna Windows yang memungkinkan pengguna memakai password yang sama seperti di Safari, yang sebelumnya kamu buat di iPhone, iPad, atau Mac.

Ekstensi ini juga mengijinkan kamu membuat password baru di Chrome dan menambahkannya dalam iCloud Keychain untuk bisa kamu gunakan di perangkat Apple lain.

Sebenarnya ekstensi ini hadir untuk browser Chrome baik untuk Windows maupun macOS. Bahkan kalau kamu memakai browser Microsoft Edge, kamu pun bisa memakainya, karena browser ini pun sudah berdasar Chromium, sama seperti Chrome.

Ekstensi ini tentunya akan memudahkan kamu yang sering berpindah platform atau komputer. Misalnya ketika kamu memakai iPhone dan laptop Windows, atau memakai iPhone dan Mac sebagai perangkat pribadi dan komputer Windows di kantor.

Ya terutama kalau kamu memilih ekosistem Apple sebagai landasan, dan kamu tidak memakai penyimpanan password bawaan Chrome.

Ini memang masalah pilihan. Google Chrome atau browser lain juga sudah menawarkan penyimpanan password mereka sendiri. Selain itu juga sudah ada banyak aplikasi password manager tersedia.

Untuk kamu pengguna Firefox, sayangnya ekstensi ini belum tersedia di browser tersebut. Kalau kamu pengguna Chrome atau Edge, silakan kunjungi Chrome Web Store melalui tautan di bawah ini.

UPDATE – DItarik Apple

Dukungan iCloud Password ditarik oleh Apple menyusul berbagai laporan kalau ada berbagai kendala, mulai dari masalah 2FA sampai ekstensi tidak berfungsi.

%d blogger menyukai ini: