“Elden Ring” Masuk 10 Besar Pemain Terbanyak di Steam

Anom Penulis

Luar biasa. Tidak sampai 2 minggu setelah rilis, “Elden Ring” berhasil meraih posisi ke-5 game dengan pemain terbanyak di Steam. Harus kita akui, game ini memang sebuah fenomena tersendiri.

“Elden Ring” meluncur ke publik secara resmi pada tanggal 24 Februari 2022. Sejak itu, dunia game PC dan konsol dipenuhi oleh kabar soal game ini. Baik di media, media sosial, maupun forum komunitas.

Kepopuleran game ini tidak hanya muncul sebagai bahan perbincangan saja. Tapi juga dari statistik. Dalam hal ini statistik pemain game PC di Steam.

Pada tanggal 5 Maret 2022 pukul 22:00, pemain “Elden Ring” di Steam tercatat berjumlah 952.523. Jadi hanya butuh 10 hari agar game ini bisa masuk ke rekor pemain terbanyak di Steam.

elden ring posisi 5 pemain terbanyak steam
Daftar Rekor Pemain Terbanyak Steam*

Mungkin rekor tersebut terjadi karena “Elden Ring” membawa sistem open-world ke dalam permainan soulslike ala Hidetaka Miyazaki. Lalu, level kesulitan “Elden Ring” kabarnya diturunkan. Dengan demikian tidak hanya menarik minat pemain, namun tetap membuat pemain betah menelusuri dunia di dalamnya.

Di dalam daftar rekor pemain terbanyak di Steam, “Elden Ring” berhasil mengalahkan “New World” yang memiliki rekor 913.027 (terjadi pada October 2021). Namun masih cukup jauh untuk mengejar DOTA 2 yang memiliki rekor pemain 1.291.328.

“Elden Ring” juga menjadi pemuncak untuk jumlah pemain terbanyak saat ini (concurrent player). Bahkan, ketika artikel ini ditulis, game itu mengalahkan “CS:GO”, “DOTA 2”, dan “PUBG:Battlegrounds”.

Nah, apakah jumlah pemain “Elden Ring” di Steam bisa mencetak rekor lebih dari itu? Tentu masih harus kita tunggu dan lihat perkembangannya.


*Windows Central menyebutkan daftar rekor pemain terbanyak di Steam memiliki kesalahan pencatatan untuk game “Cyberpunk 2077”. PCGamesN menyebutkan kalau pada Desember 2020, Cyberpunk 2077 meraih rekor lebih dari 1 juta pemain di Steam.

    %d blogger menyukai ini: