Emperion Nebulus Membawa Kembali Windows Phone?

emperion nebulus

Windows Phone sudah mati. Hal ini tidak bisa disangkal lagi. Namun kabar baru menampilkan sebuah smartphone berbasis Windows dan bernama Emperion Nebulus.

Setiap orang yang mendengar hal ini mungkin mengerutkan dahi, bahkan tertawa. Wajar saja, Microsoft sendiri sudah banting setir. Kenapa ada yang repot menghidupkan Windows Phone kembali.

Nah, ini yang menarik. Emperion Nebulus bukan Windows Phone seperti itu. Ponsel ini tidak menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile (apalagi Windows Phone 8.1). Tapi Windows 10 untuk ARM.

Apa maksudnya? Kalau kamu ingat, WIndows 10 dirancang untuk bisa mengadaptasi dan dipakai di berbagai perangkat. Windows 10 untuk ARM berarti sistem operasi ini berjalan pada perangkat yang memakai chipset berbasis ARM (seperti Qualcomm Snapdragon). Jadi sebuah sistem operasi Windows penuh di perangkat bergerak.

Smartphone tentu merupakan salah satu perangkat bergerak. Itulah yang diangkat oleh Emperion pada tweet mereka soal Nebulus ini.

Pada akhirnya, ponsel ini memang bisa disebut Windows Phone, walau bukan Windows Phone yang kita kenal. Bingung? Yah, itulah Microsoft dengan penamaan produk mereka. Tapi tunggu dulu, ada yang lebih bikin bingung lagi.

Windows 10 untuk ARM tidak memiliki fungsi telepon. Sehingga kemungkinan besar perangkat ini ditujukan untuk produktivitas. Nebulus disebut bisa berubah ke mode desktop bila dihubungkan ke monitor. Mirip seperti Continuum di Windows 10 Mobile.

Selain itu, Nebulus juga disebut bisa menjalankan aplikasi Android tanpa menjalankan sistem operasi lain. Emperion menyebutkan kalau proses ini juga tidak melalui emulasi. Sayangnya belum ada info lebih jauh soal itu.

Bisa jadi, “smartphone” ini nantinya hanya sebatas eksperimen. Karena sejauh ini belum terlihat hal praktis darinya. Kalau pun berhasil, kira-kira disebut apa ya? Windows 10 on ARM Phone atau kembali memakai Windows Phone?

%d blogger menyukai ini: