Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Bocoran Chipset Samsung Exynos 1000 Batal Pakai GPU AMD

Bakal ketinggalan dengan Snapdragon 875 nih!

Indri Penulis

Bocoran terbaru menyebutkan kalau chipset Samsung Exynos 1000 batal menggunakan GPU AMD. Selain itu chipset terbaru Samsung itu juga disebut belum bisa menyaingi performa Qualcomm Snapdragon 875.

Beberapa tahun ini, banyak pihak mengamati kesenjangan antara chipset Qualcomm dan Snapdragon. Walau Samsung sudah berulang kali membuat chipset-nya sendiri, tapi performanya belum bisa menyaingi buatan Qualcomm.

popculture.id

Katakanlah seperti Samsung Exynos 990. Di awal peluncurannya, chipset ini digadang-gadang akan menjadi rival kuat Snapdragon 865 milik Qualcomm.

Tapi setelah diuji coba, performa Exynos 990 masih ada di bawah Snapdragon 865. Bahkan chipset ini sempat mendapat kritikan banyak orang.

Beberapa waktu lalu, Samsung dikabarkan telah menggandeng AMD dan ARM untuk membuat chipset nomor satu di dunia. Chipset tersebut diprediksi bakal bernama Exynos 1000.

Kabarnya, Exynos 1000 akan memakai inti Cortex-X1 dari ARM. Sementara GPU-nya, Samsung kabarnya bakal menggunakan GPU AMD Radeon.

Tapi baru-baru ini muncul bocoran kalau Samsung Exynos 1000 tidak akan memakai GPU AMD.

Bocoran Terbaru Samsung Exynos 1000

Kabar terbaru itu datang dari Ice Universe. Lewat Twitter, ia mengatakan kalau Exynos 1000 masih akan kalah dari Snapdragon 875, baik dari sisi CPU maupun GPU. Walau begitu, ia menyebut Exynos mulai mengejar kemampuan Snapdragon.

Selain itu, Ice Universe juga mengklaim kalau Samsung baru akan memakai GPU AMD untuk Exynos di tahun 2022. Itu artinya, Exynos 1000 akan kembali memakai GPU Mali, yang sampai saat ini belum setara dengan GPU Adreno Qualcomm.

bocoran samsung exynos 1000
Sumber Gambar : Twitter/Ice Universe

GPU Mali terkenal cepat panas saat digunakan secara berlebihan. Berbanding terbalik dengan GPU Adreno. Padahal, Si kucing juga menyebut kalau Qualcomm juga akan meningkatkan GPU Adreno 7 untuk chipset Snapdragon.

Walau begitu, Ice Universe juga mengatakan kalau Samsung juga meningkatkan efisiensi pemakaian daya untuk chipset Exynos mendatang. Jadi konsumsi dayanya akan lebih baik.

Saat ini, hanya itu saja yang diketahui tentang Exynos 1000. Sementara itu, kemungkinan chipset ini bakal dipakai ke Samsung Galaxy S21 (S30) Series.

Tapi yang memakai chipset Exynos 1000 hanya varian Samsung Galaxy S21 (S30) Ultra. Sementara dua model lainnya kemungkinan bakal disokong Exynos 992.

    %d blogger menyukai ini: