Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Awas! Face ID iPhone 13 Nggak Bakal Berfungsi Kalau Layarnya Diganti

Indri Penulis

Kabar mengejutkan datang dari iPhone 13 Series. Pasalnya fitur Face ID di iPhone 13 Series gosipnya nggak bakal berfungsi kalau layar ponselnya diganti.

Pengguna iPhone pasti sudah nggak asing dengan fitur Face ID ya. Fitur ini debut pada iPhone X yang rilis pada tahun 2017. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu membuka kunci iPhone dengan pengenalan wajah.

Fitur ini pun terus digunakan Apple sampai sekarang. Ya, sampai jajaran iPhone 13 Series rilis. Tapi ada info ‘cukup menggemparkan’ yang baru-baru ini beredar soal fitur Face ID di iPhone 13 Series.

Jadi dikutip dari Macrumors, baru-baru ini channel YouTube bernama Phone Repair Guru berhasil membongkar layar iPhone 13 Series. Channel tersebut mengatakan kalau mereka telah menemukan masalah serius terkait fitur Face ID.

Berdasarkan temuan dari Phone Repair Guru, layar iPhone 13 Pro yang ‘ditukar’ dengan iPhone 13 Pro lain akan menyebabkan Face ID rusak, dan bahkan nggak bisa dipakai lagi.

Nah yang mengejutkan lagi, padahal yang mereka gunakan adalah layar iPhone asli (bawaan dari pabrik), bukan layar pengganti yang didapatkan dari pihak ketiga.

Phone Repair Guru juga membeberkan kalau jajaran kabel sensor yang ada di kamera depan, ternyata sama sekali nggak menyimpan data Face ID yang terhubung ke mesin.

Channel tersebut nggak ketinggalan akal. Mereka lalu melakukan percobaan lain. Mereka coba menukar kabel berisi mikrofon, ambient light sensor dan proximity sensor (minus layar) dari iPhone 13 Pro pertama ke iPhone 13 Pro yang satunya. Hasilnya Face ID tetap berjalan normal.

Tapi ketika mereka kembali menukar layar dari kedua iPhone 13 Pro tersebut, lagi-lagi fitur Face ID nggak bisa digunakan.

Baca Juga:  Kamera Selfie iPhone 14 Akan Punya Fitur Auto Focus

Layar iPhone “Wajib” Diganti di Apple Store

Sebenarnya sebelum uji coba ini dilakukan, Apple pernah melampirkan catatan soal Face ID. Mereka mengatakan kalau Face ID nggak bakal bisa dipakai kalau layar diganti.

Apple juga mengatakan kalau layar iPhone ‘harus diganti’ di Apple Store, Apple Authorized Service Providers atau Independent Repair Providers (jasa perbaikan pihak ketiga yang sudah lolos syarat dari Apple). Dengan begitu pengguna bakal mendapat aksesoris original dan fitur-fitur yang ada di dalamnya (termasuk Face ID) tetap berjalan normal.

Kejadian seperti ini sebenarnya bukan pertama kali ini terjadi. Tahun lalu Apple juga sempat mengunci baterai iPhone-nya. Lewat pengaturan ini, pengguna iPhone hanya bisa menggunakan baterai original bikinan Apple. Kalau pakai baterai lain (walau pun muat di ponsel), dia nggak bakal berfungsi.

Satu lagi, tahun lalu Apple juga pernah mengunci hardware kamera di jajaran iPhone 12 Series. Karena hal tersebut, kamera iPhone 12 Series nggak bisa ditukar dengan onderdil dari pihak ketiga.

Benar sih, kalau kita pakai onderdil asli dari Apple maka kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Tapi kalau kasusnya seperti layar yang bermasalah, masa iya kita harus service di tempat resmi?

Kalau di daerah perkotaan, mungkin sih gampang. Tapi kalau pemilik ponsel tinggal di kawasan yang jauh dengan tempat service resmi Apple bagaimana?

Nggak cuma itu, ada banyak alasan kenapa orang lebih suka service (termasuk ganti layar) di jasa pihak ketiga. Selain tempatnya mungkin lebih dekat, biaya service yang dibanderol juga lebih terjangkau.

Nah guys, kalau layar iPhone 13 benar-benar serentan itu, sepertinya kamu perlu ekstra hati-hati deh. Apalagi kalau daerah tempatmu tinggal jauh dari tempat service resmi Apple.

Baca Juga:  Apa itu iPhone HDC, Ciri-Ciri Kekurangan dan Kelebihan! Wajib Tahu Sebelum Beli

Sebisa mungkin jangan sampai layar iPhone 13-mu rusak dan sampai diganti. Karena kalau sampai diganti, kamu mungkin nggak bakal bisa menikmati fitur Face ID lagi. Ya, kecuali kalau kamu berhasil menemukan service center Apple terdekat.