Alasan MacBook Pro 2021 Tidak Memiliki Face ID

MacBook Pro 2021
Anom Penulis

Apple merilis laptop MacBook Pro 14 inci dan 16 inci baru dengan menambahkan notch di layar. Namun, berbeda dengan iPhone, dua laptop MacBook Pro 2021 ini tidak memiliki fitur Face ID. Ternyata memang ada alasan kuat di balik itu.

Ketika Apple memperkenalkan notch di layar iPhone X, mereka juga memperkenalkan sistem otentikasi Face ID menggantikan Touch ID. Walau kontroversial, ada alasan kuat untuk notch tersebut. Di dalamnya terdapat sistem TrueDepth Camera yang menunjang pengenalan wajah lebih baik.

Saat Apple memperkenalkan MacBook Pro baru dengan chipset M1 Pro dan Max, dunia heboh dengan kehadiran notch itu. Terutama karena ternyata tidak ada fitur Face ID di dalamnya.

Namun belum lama ini, terbongkar sudah alasan di balik keputusan Apple itu.

Kenapa Tidak Ada Face ID di MacBook Pro 2021?

Seperti biasa, iFixit membongkar laptop MacBook Pro baru itu untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya. Mereka juga membandingkan modul TrueDepth Camera dari iPhone 13 dengan ketebalan layar MacBook Pro itu.

Hasilnya, ternyata memang modul TrueDepth Camera terlalu besar (tepatnya terlalu tebal) untuk diletakkan di layar MacBook Pro.

modul face id iphone 13 dan layar macbook pro 2021
Gambar: iFixit

Sensor Sidik Jari Lebih Masuk Akal

Apple sendiri pernah menyatakan kalau Touch ID lebih tepat untuk MacBook Pro karena tangan pengguna sudah akan berada di atas keyboard saat siap memakainya. Hal ini diungkapkan oleh pimpinan marketing untuk produk Mac dan iPad, Tom Boger, pada The Wall Street Journal.

Memang, perilaku pengguna untuk smartphone dan laptop berbeda. Di smartphone, pengguna cenderung lebih mudah menyesuaikan posisi ponsel agar bisa selaras dengan wajah. Sementara untuk laptop, kemungkinan besar kita yang harus bergerak mengikuti posisi kamera laptop. Posisi laptop dan layar cenderung lebih terbatas dibanding ponsel.

Sementara, jika laptop memiliki sensor sidik jari, tentu saja jari kita bisa lebih mudah mengaksesnya. Jadi memang masuk akal kalau Apple saat ini hanya meletakkan Touch ID, bukan Face ID, di MacBook Pro baru.

Tentu, bukan tidak mungkin jika teknologi semakin berkembang dan modul TrueDepth Camera semakin kecil, otentikasi Face ID bisa saja hadir di MacBook.

Yah, tapi hal ini mungkin tidak menjawab pertanyaan kenapa ada notch di MacBook Pro baru. Bisa saja hanya untuk “sekedar menambah” bidang layar lebih luas.

Anyway, kemungkinan besar, seperti juga di iPhone, kamu bisa segera terbiasa dan tidak terganggu dengan notch itu.

    %d blogger menyukai ini: