Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tampilan Baru Facebook Tahun 2019 Fokus Pada Komunitas

presentasi tampilan baru facebook
Foto: facebook

Di acara konferensi F8 tanggal 30 April 2019, Facebook mengumumkan tampilan baru di aplikasinya. Desain ini mengutamakan sisi personal dan perlakuan privasi yang lebih baik.

Facebook menyatakan bahwa aplikasinya dipakai masyarakat untuk berhubungan dengan teman dan keluarga. Namun seiring waktu, fungsi Facebook sudah lebih dari itu.

Facebook akan mengarahkan aplikasinya untuk bekerja lebih baik pada komunitas. Bahkan, mereka pun mengusahakan agar pengguna tetap bisa terhubung secara offline.

Hal ini cukup menarik. Mengingat media sosial pada umumnya merupakan kegiatan online. Bagaimanapun, media sosial adalah salah satu tulang punggung netizen alias warganet.

Perubahan Desain Baru Facebook

Raksasa media sosial ini menyebut tampilan Facebook baru di tahun 2019 ini sebagai FB5. Rancangan ini merupakan tampilan antarmuka baru yang lebih sederhana, lebih cepat, lebih imersif (punya tingkat keterlibatan tinggi), dan meletakkan komunitas sebagai pusat kegiatan.

tampilan baru kabar berita facebook
Rancangan desain baru Facebook

Facebook menyebutkan kalau desain baru ini akan mulai beredar untuk aplikasi untuk smartphone dan tablet. Sementara situs Facebook di desktop komputer akan mendapat pembaruan dalam beberapa bulan ke depan.

Grup Menjadi Fokus

facebook grup baru
Tampilan Grup Facebook baru

Facebook menyatakan bahwa perubahan ini akan membuat pengguna bisa lebih mudah beralih dari konten publik ke konten yang lebih terbatas, seperti Grup.

Beberapa perubahan yang terkait dengan Grup Facebook antara lain:

  • Tab Grup punya desain baru supaya lebih mudah ditemukan/diakses.
  • Lebih mudah berpartisipasi di Grup.
  • Fitur baru untuk komunitas tertentu.

Fitur Baru di Facebook Dating

fitur secret crush facebook
Fitur Secret Crush di Facebook

Facebook memperluas jangkauan layanan kencan di aplikasinya di berbagai komunitas. Pengguna bisa menemukan pasangan yang mungkin cocok di: Acara, Grup, Teman dari teman, dll. Facebook juga memperluas layanan Kencan ini ke 14 negara tambahan, seperti: Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Laos, Brazil, Peru, Chili, Bolivia, Ekuador, Paraguay, Uruguay, Guyana, dan Suriname.

Facebook juga menambahkan fitur baru yang bernama Secret Crush. Dengan fitur ini, kamu bisa menaruh sampai 9 nama teman yang kamu suka. Kalau mereka juga ikut di Facebook Dating dan menambahkanmu di Secret Crush mereka, kalian bisa melanjutkan lebih jauh. Namun kalau tidak, tidak ada yang tahu kamu naksir mereka.

Berkenalan Dengan Teman Baru Lebih Mudah

fitur facebook meet new friends
Fitur baru Meet New Friends

Facebook juga mengembangkan fitur Meet New Friends. Fitur ini akan membantumu bertemu teman baru dari berbagai komunitas yang sama. Misalnya sekolah, tempat kerja, atau di kota yang sama. Fitur ini merupakan pilihan, jadi kamu hanya akan melihat orang yang memang mencari teman baru.

Tampilan Acara Facebook Baru

Facebook juga membuat tampilan baru untuk tab Acara. Dengan begitu, kamu bisa melihat dengan mudah kegiatan yang ada di wilayahmu, mendapat rekomendasi, menemukan bisnis setempat, dan melakukan koordinasi dengan teman untuk membuat rencana bersama.

More Stories
Menambahkan Bookmarklet di Browser Windows Phone