Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Bagaimana Mengatur Privasi Facebook dengan Lebih Baik

Punya banyak follower atau teman di media sosial memang menyenangkan. Namun ada kalanya, kita butuh sedikit privasi. Terutama di Facebook, tempat kita terhubung dengan keluarga dan teman dekat di luar teman-teman online. Tentunya ada hal-hal yang ingin kita bagikan — entah itu foto, tautan, atau status — yang tidak perlu dilihat oleh semua orang. Untuk itu, mengatur privasi Facebook sangat penting dilakukan.

Facebook sudah menyediakan berbagai jalan untuk mengatur privasi penggunanya. Tinggal bagaimana kita menggunakannya dengan benar, sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bagaimana pun, media sosial hanya sebuah alat. Manusianya lah yang menentukan untuk apa alat itu.

Mari kita mulai.


Baca juga:Ā 4 Faktor yang Membuat Status Facebook Populer


Buat Daftar Teman

Sebelum menuju pengaturan privasi, ada baiknya kamu membuat daftar khusus teman-teman tertentu. Daftar khusus ini bisa berupa anggota keluarga, teman kantor, seman sekolah, teman main futsal, klub masak, teman main game, atau apa pun.

Fungsi membuat daftar teman Facebook adalah mempermudah mengatur pilihan privasi dan membatasi keterlihatan pos di kabar berita (news feed).

Sejauh yang saya coba, membuat daftar teman baru bisa dilakukan melalui browserĀ di komputer. Baik di aplikasi Facebook (Android) maupun mobile browser tidak tersedia.

Cara membuat daftar teman Facebook
  1. Pilih ‘Daftar Teman‘ dari kategori ‘Jelajahi‘ di sidebar Facebook. Kalau tidak ada, tekanĀ ‘ā–¾ Lihat lainnya‘ untuk membuka semua pilihan.
  2. Tekan tombol ‘+ Buat Daftar‘.
  3. Beri nama daftar tersebut dan pilih siapa saja temanmu yang masuk di daftar itu.
Membuat daftar teman Facebook
Membuat daftar teman Facebook

Buatlah daftar untuk teman-teman yang sering berinteraksi di Facebook, dan buatlah berdasar klasifikasi khusus. Seperti sudah saya beri contoh di atas: TimĀ futsal, klub masak, teman yoga, dll.


Baca juga:Ā Melaporkan Akun Facebook Orang yang Sudah Meninggal


AturĀ Privasi Facebook Secara Umum

Di sini, kamu akanĀ mengatur privasi secara umum. Pengaturan inilah yang akan menjadi batasanĀ standar kamu di Facebook.

Fungsinya adalah mengatur siapa saja yang bisa melihat kiriman, menghubungi dan mencari kamu di Facebook.

Cara mengatur privasi Facebook di komputer (dengan browser)
  1. Klik tombol dropdownĀ ā–¾ di bilah menu Facebook (paling kanan), pilih ‘Pengaturan‘.
  2. Pilih ‘Privasi‘ di sidebar sebelah kiri.
  3. Di sana ada tiga kategori besar dengan sub-kategori pilihan (siapa saja yang bisa melihat kiriman, menghubungi dan mencari kamu) di dalamnya.
  4. Pilih ‘Sunting‘ di masing-masing pilihan untuk mengaturnya.
  5. Silakan pilih salah satu dari pilihan ‘Publik‘, ‘Teman‘, ‘Hanya Saya‘, atau opsi lainnya. Opsi lain akan memunculkan daftar teman khusus. Bisa berdasar lokasi, keluarga, sekolah, atau daftar teman yang kamu buat sendiri.
pengaturan privasi facebook di browser
Mengatur privasi Facebook
Cara mengatur privasi Facebook di aplikasi
  1. Tekan tombol ‘Menu ā˜°‘. Geser ke bawah dan pilih ‘Pintasan Privasi‘ di kategori ‘Bantuan & Pengaturan‘.
  2. Pilih ‘Pemeriksaan Privasi‘.
    Facebook akan memandu kamu memeriksa pilihan privasi umum.

    • Pilihan pemirsa umum untuk semua kirimanmu di Facebook.
    • Pengaturan yang bisa melihat informasi dari profilmu, seperti: nomer telpon, alamat email, tempat tanggal lahir, kota asal, dll.
    • Aplikasi atau game yang terintegrasi dengan akun Facebook milikmu.
      Atur siapa saja yang bisa melihat kiriman dari aplikasi atau game tersebut. Ingat, tidak semua temanmu suka dengan aplikasi atau game bersangkutan. Selain privasimu, pertimbangkan juga privasi mereka (daripada kamu di-unfollow atau di-unfriend).
      Periksa baik-baik apakah ada aplikasi atau game yang sudah tidak kamu gunakan lagi, atau yang tidak kamu kenal. Kalau ada, lebih baik dihapus.
  3. Pilihlah pengaturan privasi umum (siapa saja yang bisa melihat kiriman, menghubungi dan mencari kamu) sesuai kebutuhanmu.

Di bawah pengaturan privasi ini, ada panduan lebih jauh tentang privasi di Facebook, dan tautan ke pengaturan lainnya.

mengatur privasi facebook di aplikasi
Mengatur privasi Facebook di aplikasi

Baca juga:Ā 3 Cara Membersihkan Timeline Facebook


Atur siapa yang bisa melihat saat membuat kiriman

Biasanya pengaturan privasi Facebook secara umum ditujukan untuk ‘Publik’ atau ‘Teman dari Teman’. PengaturanĀ berikut ini adalah mengatur siapa yang bisa melihat kiriman secara spesifik. Pengaturan ini dilakukan ketika kamu hendak mengirim status, foto, video, catatan, sampai membuat album.

Fungsinya adalah membatasi pemirsa atau menunjuk siapa saja yang bisa melihat kiriman kamu itu. Yang tidak tercantum di sana tidak bisa melihatnya di lini masa kabar berita atau di profilmu.

Cara mengatur target kiriman Facebook
  1. Buat status, unggah foto danĀ video, atau apa pun, lalu tekan tombol ‘Ā Publik ā–¾‘ untuk membuka pilihan privasi.
  2. Pilih salah satu dari:Ā ‘Publik‘, ‘Teman‘, ‘Hanya Saya‘, atau ‘Lainnya…‘. Pilihan ‘Lainnya…‘ akan menampilkan daftar teman yang sudah kamu buat.
    Untuk Foto dan video (termasuk Album), ada juga pilihan hanya yang di-tag yang bisa melihat media tersebut.
  3. Tekan tombol ‘Kirim‘ untuk mempublikasikannya.
memilih siapa yang bisa melihat kiriman facebook
Memilih siapa yang bisa melihat kiriman Facebook

Baca juga:Ā 11 Keuntungan Facebook Page vs Akun Personal


Itulah langkah mengatur privasi Facebook dengan lebih baik dari kami. Bisa kamu lihat, membuat daftar teman akan mempermudah pengaturan privasi selanjutnya. Begitu pun ketika hendak mengirim status, foto, atau apapun. Kamu tinggal memilih salah satu daftar, bukan memilih satu persatu teman.

Sekali lagi, menjadi populer di media sosial memang menyenangkan. Namun, popularitas biasanya akan mengorbankan sedikit privasi. Untuk itulah pengaturan seperti ini dibuat. Agar media sosial tetap bisa dinikmati bersama orang-orang yang dekat dengan kita di dunia nyata. Toh, kalau kamu memang benar-benar populer, kamu bisa membuat Facebook Page.

More Stories
Aplikasi Resmi 9GAG Windows Phone