Facebook Buat Halaman Penghormatan untuk Pengguna Meninggal Dunia

Facebook membuat halaman penghormatan bagi pengguna meninggal dunia. Berikut ulasan lengkap perihal halaman penghormatan itu.

Banyak orang beralih ke Facebook untuk menemukan komunitas selama mereka hidup. Namun tidak selamanya orang akan hidup di dunia.

Kehilangan orang tersayang adalah hal yang menyedihkan. Facebook ingin menjadi tempat orang untuk mengenang teman atau keluarga yang sudah meninggal.

Beberapa waktu lalu, Facebook menghadirkan pembaharuan. Pembaruan ini berisi halaman khusus untuk akun yang diabadikan.

Selain itu ada pula tambahan pengaturan untuk orang yang mengelola akun abadi. Akun abadi akan dijaga oleh artificial intelligence (AI).

Perubahan Facebook kali ini berasal dari berbagai opini masyarakat. Facebook berjanji akan membuat lebih banyak alat untuk membantu pengguna agar tidak larut dalam kesedihan.

Sumber Gambar : Mega Cosmics Group

Facebook Perkenalkan Halaman Penghormatan

Setidaknya ada lebih dari 30 juta orang melihat profil yang diabadikan setiap bulan. Bisa jadi yang mereka lihat adalah postingan cerita, peringatan momen tertentu, hingga saat pengguna meninggal dunia.

Dalam halaman ini, ada sebuah tab terpisah di profil memorialized. Dimana teman maupun keluarga bisa berbagi postingan.

Hal ini memungkinkan orang melihat beragam postingan. Mereka jadi bisa selalu mengingat orang yang sudah meninggal itu.

Pengaturan Tambahan untuk Kontak Pewaris

Di tahun 2015 Facebook pernah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna memilih teman atau keluarga, untuk merawat akun Facebook mereka saat sudah meninggal.

Sejak saat itu, Facebook banyak menerima masukan dari pengguna. Mayoritas pengguna berharap bisa berbuat lebih banyak saat mengelola akun orang meninggal.

Kontak pewaris saat ini bisa memoderasi postingan yang dibagikan di halaman penghormatan. Yaitu dengan mengubah pengaturan penandaan, menghapus tag, serta mengatur siapa yang bisa membuat atau melihat postingan.

Hal ini membantu mereka mengelola konten yang mungkin belum siap dilihat keluarga. Pengaturan baru ini dibuat berdasarkan berbagai fitur yang sudah ada sebelumnya.

Misalnya seperti kemampuan untuk memperbaharui foto profil dan sampul, menyematkan pos di bagian atas profil mereka, dll.

Catatan: Kami pernah membahas bagaimana melaporkan dan membuat kontak pewaris di Facebook.

Penjagaan Akun Dilakukan oleh AI

Selain membuat alat pendukung, Facebook juga meminimalkan pengalaman yang mungkin terasa menyakitkan bagi sebagian pengguna.

Selama ini ada banyak masukan dari pengguna, dimana mengabadikan profil pengguna yang sudah meninggal ternyata tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Apabila akun belum diabadikan, AI akan mencegah akun tersebut muncul di beranda Facebook. Misal saat hari ulang tahun orang meninggal itu.

Mungkin jika keluarga atau teman melihat pengingat ulang tahunnya, maka hal ini akan mengingatkan mereka bahwa orang tersebut sudah meninggal.

Selain itu, AI juga akan mencegah akun tersebut direkomendasikan ke acara maupun grup. Pembaharuan ini mulai berlaku sejak tanggal 9 April 2019.