Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

KEREN! Facebook Investasi di GoJek untuk Dukung UKM Indonesia

Indri Penulis

Facebook mengumumkan kalau mereka telah melakukan investasi ke GoJek. Investasi ini dilakukan untuk mendukung UKM yang ada di Indonesia.

GoJek adalah salah satu aplikasi yang pertumbuhannya sangat cepat di Indonesia. Bagaimana tidak, saat awal kehadirannya, aplikasi ini berhasil menciptakan inovasi baru dalam hal pesan antar layanan.

popculture.id

Mulai dari layanan antar jemput penumpang (Go-Ride dan Go-Car). Kemudian ada pesan antar makanan (Go-Food, Go-Shop, dll) yang sangat membantu penjual.

Nah, inilah yang membuat Facebook akhirnya tertarik dengan GoJek. Perusahaan ini akhirnya berinvestasi ke GoJek, demi bisa membantu UKM di Indonesia.

Investasi Facebook ke GoJek untuk UKM

Sejak tahun 2015, GoJek telah membantu membawa ratusan ribu pedagang ke platform-nya. GoJek juga memberikan akses ke lebih dari 170 juta orang di seluruh Asia tenggara.

Sumber Gambar : About Facebook

Di sini, Facebook dan GoJek bakal bekerjasama untuk memberdayakan bisnis dan mendorong inklusi di seluruh Indonesia. Facebook sendiri bakal memberikan bantuan lewat WhatsApp.

Mungkin nantinya WhatsApp akan diatur agar terhubung ke GoJek. Setelah itu, pemilik UKM bisa berkomunikasi dengan pelanggan saat akan melakukan penjualan.

Kalau hal tersebut benar-benar terjadi, mungkin akan disambut positif oleh masyarakat. Jadi orang bisa langsung komunikasi ke penjual saat ingin memesan sesuatu. Bukan lewat pengemudi ojek online seperti biasa.

Seperti yang kita tahu, komunikasi dengan pengemudi saat pesan sesuatu sebenarnya kurang optimal. Apalagi sebagian pengemudi mungkin ada yang tidak terlalu paham dengan pesanan pelanggan.

Beda kalau pelanggan berkomunikasi langsung dengan penjual. Kegiatan jual-beli pun bakal lebih mudah. Sedangkan pengemudi ojek online tinggal fokus mengantar pesanan. Lebih efisien bukan?

Apalagi komunikasi dilakukan via WhatsApp, jadi tambah mudah. Ditambah lagi, sekarang ini hampir semua orang di Indonesia memakai WhatsApp.

Pembayaran PayPal Lewat GoPay

Selain Facebook, layanan transaksi online PayPal juga berinvestasi pada GoJek. Seiring dengan investasi ini, pengguna bisa melakukan pembayaran PayPal melalui GoPay.

GoPay sendiri sudah memiliki jumlah transaksi yang tembus milyaran per tahun. Hal ini membuat GoJek akhirnya tercatat sebagai penyedia e-wallet terbesar di Indonesia. Kebanyakan mayoritas UKM di Indonesia masih mengandalkan uang tunai untuk pembayaran. Tapi sebenarnya pembayaran digital jauh lebih aman dari pada uang tunai, baik untuk bisnis atau pelanggan.

Bisa membayar PayPal melalui GoPay tentu menjadi kabar baik. Karena pengguna GoPay akan bisa melakukan transaksi online melalui PayPal ke 25 juta pedagang di dunia yang menjadi rekanan PayPal. Dengan jangkauan transaksi yang lebih luas ke seluruh dunia, tentu akan membuka banyak peluang baru.

    %d blogger menyukai ini: