Facebook Putuskan Untuk Hentikan Pengenalan Wajah di Foto

Facebook selama ini telah membuat pengenalan wajah di foto. Jadi saat kita mengunggah foto, Facebook dapat mengindentifikasi akun dari pemilik wajah itu.

Fitur pemindai wajah sebenarnya pertama kali diperkenalkan pada Desember 2017. Namun mulai awal September 2019,Β  Facebook resmi menghapus fitur tersebut.

Sebagai gantinya, Facebook merilis pengaturan privasi Pengenalan Wajah. Jika pengaturan ini dihidupkan, Facebook akan memberi tahu saat ada orang yang mengunggah foto kalian.

Pengaturan ini tentu memberikan banyak manfaatkan bagi pengguna. Jadi mereka bisa lebih leluasa menjaga privasi foto.

Sumber Gambar : 9to5Mac

Seperti Apa Pengaturan Privasi Pengenalan Wajah Facebook?

Selama ini, pengguna Facebook sering menggunakan tag untuk menandai seseorang di foto. Selain itu, kadang pengguna secara otomatis menemukan nama akun dari orang yang ada di foto.

Fitur di atas bisa dikatakan sebagai pemindai wajah. Tapi kini Facebook telah resmi menghentikan fitur tersebut, dan menggantinya dengan pengaturan privasi Pengenalan Wajah.

Pengaturan ini memberikan dua opsi kepada pengguna. Pengguna bebas mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini.

Pengaturan tersebut akan memberi tahu pengguna jika fotonya diunggah orang lain. Bahkan saat pengguna tersebut tidak ditandai dalam foto.

Setelah itu, pengguna dapat menandai diri sendiri, tetap tidak ditandai, atau melaporkan foto jika itu mengganggu. Facebook sendiri berharap pengaturan ini rampung beberapa minggu kedepan.

Pengenalan Wajah akan menggantikan Saran Tag. Ini memungkinkan pengguna memilih, apa teman mereka bisa melihat saran dan menandai pengguna di foto atau tidak.

Peluncuran pengaturan ini adalah efek dari sanksi yang didapat Facebook. Di bulan Agustus, Facebook terancam kena sanksi dari pengadilan karena mengambil data biometrik pengguna tanpa izin.

Facebook mengatakan jika pengguna akan mendapat notifikasi tentang pengaturan tersebut di Halaman Berita. Pengguna diberi pilihan untuk mengaktifkan pengaturan ini atau tidak.

Bagi pengguna lama, pengaturan ini akan muncul secara otomatis. Sedangkan bagi pengguna baru, kalian dapat mengakses Pengenalan Wajah di menu Pengaturan.

More Stories
4 Fitur Yang Jadi Kekurangan WhatsApp