Fakta TikTok Yang Harus Kamu Tahu

TikTok merupakan aplikasi populer yang mulai banyak digunakan pengguna smartphone di seluruh dunia. Namun tahu kah kalian, TikTok mampu mengalahkan Twitter, Facebook dan memiliki jumlah pengguna aktif hingga ratusan juta per bulannya?

Nah di bawah ini merupakan beberapa fakta TikTok yang mungkin belum kalian ketahui.

TikTok Masuk 10 Besar Kategori Social Networking

Dengan pengguna aktif bulanan mencapai 800 juta, TikTok memiliki perkembangan yang signifikan. Hal tersebut mendongkraknya di posisi 6 (data per Januari 2020).

Meskipun masih kalah dengan WhatsApp, Facebook, Messenger, WeChat dan Instagram, TikTok sudah mampu melewati Twitter, Snapchat, LinkedIn dan Twitter.

TikTok Adalah Aplikasi Terbanyak di Download 2020

Layanan mobile data analitik, AppAnnie menunjukkan bahwa TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak di download tahun ini.

Tahun kemarin (2019), TikTok di download sebanyak 738 juta kali! Menurut Sensor Tower, TikTok saat ini sudah mendekati 2 milyar unduhan.

TikTok tersedia di lebih dari 150 negara

Hampir semua region di Play Store sudah bisa mengunduh TikTok. Tidak perlu lagi mengubah region hanya untuk bisa menikmati aplikasi ini.

400 Juta Pengguna Harian TikTok  Berasal dari China

90% pengguna aktif harian berasal dari China, yaitu 400 juta pengguna. Wajar saja, karena aplikasi ini memang berasal dari negara tersebut. Untuk pengguna aktif harian di luar China berjumlah 41 juta pengguna.

1 dari 3 Smartphone di India Menginstall TikTok

India memiliki 120 juta pengguna aktif TikTok bulanan. Hal ini menjadikan negara tersebut menjadi negara terbesar pengguna TikTok di luar China.

Brazil Menjadi Negara Ketiga Terbesar

China dan India mungkin menjai negara terbanyak untuk pengguna TikTok. Namun Brazil merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna tertinggi. Dibanding tahun sebelumnya, pengguna TikTok di Brazil naik hingga 992,6%!

30 Juta Pengguna Aktif Amerika

Amerika Serikat mewakili sebagian kecil 5% dari audiens global TikTok. Menurut Sensor Tower, TikTok adalah aplikasi non-game teratas yang di download di AS pada Februari 2019. AppAnnie melaporkan pertumbuhan 375% di AS dari tahun-ke-tahun.

TikTok Populer di Kalangan Anak Muda

Pengguna TikTok didominasi oleh kalangan muda. 69% pengguna TikTok berumur 18 – 24 tahun. Sedangkan untuk pengguna yang berumur 25 – 34 tahun adalah 16%; 25 – 44 tahun sejumlah 8%; 45 – 54 sejumlah 3% dan diatas 55 tahun sejumlah 4%.

Untuk jenis kelamin, 60% pengguna adalah perempuan, dan 40% adalah laki-laki.

Rata-Rata Waktu Pengguna TikTok Mengalahkan Facebook

Para pengguna TikTok di Amerika Serikat rata-rata membuka TikTok delapan kali dan menghabiskan 46 menit per hari. Jumlah ini mengalahkan rata-rata waktu penggunaan Facebook per harinya di negara tersebut.

Peserta Tantangan

Seperti yang kita tahu, TikTok memiliki banyak tantangan. Mulai dari Pass the Brush Challange hingga tantangan lainnya yang jumlahnya sangat banyak.

Nah dari jutaan pengguna TikTok, ternyata 35% diantaranya ikut berpartisipasi dalam tantangan-tantangan yang ada di sana. Selow sekali ya.

Filter Populer

Top filter di TikTok yang sering digunakan adalah Face Zoom, Green Screen, Disco, Whirlpool, dan Portrait.

TikTok Edukasi

Jika di Indonesia konten TikTok masih banyak yang berisi joged-joged, di India dan China sudah banyak beredar konten edukasi. Berdasarkan laporan tahunan dari Bytedance, terdapat 14 juta konten edukasi di aplikasi mereka.

Di Amerika sendiri, beberapa profesi seperti financial planner dan tips karir sudah banyak bertebaran.

sumber: Blog Hootsuite

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: