Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Film Pendek yang Cocok untuk Merayakan Imlek

Indri Penulis

Perayaan Imlek hanya tinggal beberapa waktu lagi. Setiap tahun, perayaan Imlek selalu dirayakan dengan meriah oleh masing-masing orang.

Perayaan Imlek tahun ini tentu sangat dinantikan masyarakat Tionghoa maupun keturunan mereka. Ada banyak tradisi yang biasa dilakukan saat merayakan Imlek.

popculture.id

Beberapa tradisi itu seperti memberi angpao, penampilan Barongsai, menyalakan kembang api, membeli baju baru, atau makan-makan bersama keluarga besar.

Warna merah sendiri adalah simbol kebahagiaan. Merah juga sekaligus menjadi warna yang mendominasi ketika perayaan Imlek.

Imlek kini sudah menjadi hari libur nasional. Selain bisa digunakan sebagai acara kumpul keluarga, Imlek juga bisa diisi dengan kegiatan lain seperti menonton film.

Menonton film bersama keluarga besar tentu menjadi lebih menyenangkan, dibanding menonton film sendiri maupun bersama beberapa orang saja.

Dan berikut kami rekomendasikan beberapa film pendek untuk merayakan Imlek:

The Reunion Dinner

Dalam perayaan tahun baru Imlek, biasanya selalu identik dengan makan bersama keluarga besar atau reunion dinner.

Nah, The Reunion Dinner adalah film yang menyajikan tradisi makan bersama, yang telah dijalankan dari generasi ke generasi di Singapura.

Kalian juga bisa melihat bagaimana tahun baru Imlek dirayakan di Singapura dari waktu ke waktu. Film ini menunjukkan pada penonton, bahwa hal yang tidak lekang oleh waktu adalah, kebersamaan bersama keluarga besar di hari raya.

Bu Linda

Sosok Bu Linda memang sempat viral beberapa waktu lalu, tepatnya saat perayaan Tahun Baru Imlek tahun lalu.

Bu Linda merupakan brand film dari e-commerce Bukalapak. Walaupun film tersebut sudah dirilis beberapa tahun lalu, namun film Bu Linda masih relevan dan dapat dinikmati hingga kini.

Bu Linda sendiri merupakan seorang ibu kost yang tegas, namun sangat menyayangi anak-anak kostnya.

Film pendek tersebut menggambarkan gambaran keberagaman masyarakat di Indonesia yang saling menghargai. Sementara perayaan Tahun Baru Imlek pun menjadi hari raya yang mereka rayakan bersama.

Mr Lim Reunion Dinner

Dalam film pendek ini, Mr. Lim harus menerima kenyataan bahwa dia akan merayakan tahun baru Imlek sendirian.

Kedua anak Mr. Lim sedang berada di luar negeri, sehingga tidak bisa pulang saat hari raya berlangsung. Namun, Mr. Lim selalu menepati janjinya dengan sang istri. Yaitu memasak berbagai hidangan khas hari raya Imlek.

Film pendek Mr. Lim memang terlihat menyedihkan dan mengharukan. Sebab Imlek yang harusnya dirayakan dengan keluarga, justru harus dia rayakan seorang diri.

[irp posts=”63661″ name=”10 Film Pencurian Terbaik Yang Seru Ditonton”]

Money That Grandma Owes Me

Film ini adalah brand film dari Maxis, provider telfon yang berasal dari Malaysia. Money That Grandma Owes Me menceritakan hubungan antara nenek dan cucu yang sangat dekat.

Sang cucu sangat suka bekerja, serta menabung untuk mengumpulkan uang. Dia mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang jutawan.

Perjalanan hubungan antara nenek dan cucu tersebut menunjukkan pada penonton, bahwa kebersamaan dengan keluarga adalah hal yang jauh lebih penting daripada uang.

Three Minutes

Ini merupakan brand film milik perusahaan teknologi Apple. Uniknya, seluruh gambar yang ada dalam film ini diambil menggunakan kamera iPhone X.

Film pendek ini menggambarkan bahwa setiap pertemuan itu penting, tidak peduli sesingkat apapun itu. Dan perayaan tahun baru akan lebih menyenangkan, dengan kehadiran keluarga beserta orang-orang tersayang.

Three Minutes disutradarai oleh Peter Chan, sutradara yang terkenal dengan karyanya Comrades: Almost A Love Story (1996) dan Dragon (2011).

    %d blogger menyukai ini: